OPTIMALISASI BIMBINGAN BACA AL-QUR’AN SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-HUDA KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

Raka Hasanal Ihsan, Adinda Lutfiana, Khadijah Khadijah, Adlan Fauzi Lubis, Mukti Ali, Romlah Gany

Abstract


Permasalahan mitra adalah terdapat anak-anak belum memahami membaca al-qur’an dengan menggunakan makhrujul huruf yang benar serta tidak bisa membaca al-qur’an dengan menggunakan ilmu tajwid. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang diberikan adalah program bimbingan membaca qur’an dengan memahami terlebih dahulu mengenai mahkrujul huruf dan ilmu tajwid. Metode pengabdian yang digunakan yaitu metode penyuluhan dengan memberikan edukasi kepada anak panti asuhan mengenai tata cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan makhrujul huruf dan ilmu tajwd yang benar. Hasil pengabdian menunjukan bahwa, 1) 80 % anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Huda dalam penyuluhan mengetahui dan memahami materi tentang Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk mengembangkan bacaan Al-Qur’an yang di sampaikan,  2) 80 % anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Huda berpartisipasi secara aktif selama kegiatan berlangsung dengan ditandai banyaknya anak yang aktif dan berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan yang diberikan kelompok, 3) 80% anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Huda penyuluhan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Kesimpulannya adalah kegiatan program Kuliah Kerja Nnyata ini menjadikan anak-anank Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Huda lebih mengetahui tentang apa itu ilmu tajwid dan pembacaan yang sesuai dengan makhrujul huruf yang benar saat membaca Al-Qur’an, ini juga menjadikan sarana dalam pengaplikasian ilmu pengetahuan yang diperoleh mahasiswa dari pembelajarannya di Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Full Text:

PDF

References


Fitriani, dkk. (2020). “Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 5, No. 1, ISSN: 2527-3566, e-ISSN: 2528-2964.

Uswatun Hasana, Dkk. (2020). “Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan”. Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, Vo. 6, No. 2, ISSN: 2442-5389 (print), ISSN: 2685-7197(Online).

Muhammad Iqbal Ansari. (2019). “Penerapan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Tajwid Di Rumah Qur’an An-nur Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2, E-ISSN 2714-7711.

Sudiarjo, dkk. (2015). “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makhorijul Huruf Berbasis Android”. Jurnal Sisfotek Global, Vol. 5 No. 2, ISSN : 2088 – 1762.

Risa Alifiyah Ulfa. (2017). “Aktualisasi Pendidikan Al-Qur’an melalui kegiatan Habit-Forming pada Anak Usia Dini di TK Al-Kautsar Durisawa Pnorogo”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3, No. 1, ISSN : 2477-4715 (Cetak), ISSN : 2477-4189 (Online).

Haryanto, K. W. (2020). “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tajwid Al Qur’an Berbasis Augmented Reality Study Kasus 53 Di Madrasah Miftahul Ulum 22 Karang Nongko”. Jurnal SPIRIT, Vol. 12 , p-ISSN: 2085-3092, e-ISSN: 2721-057X.

Prasetyo F. (2020). “Penerapan Aplikasi Android Pengenalan Huruf Penerapan Aplikasi Android Pengenalan Huruf”. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), Volume. 9, No. 3, p-ISSN 2301-7988, e-ISSN 2581-0588.

Mokhamad Rifa‟i, dkk. (2018). “Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madin Nurul Huda Lebakrejo”. Jurnal Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir., Vol. 2, No. 2, E-ISSN: 2549-9688.

Eri Satria, dkk. (2015). “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia”. Jurnal Algoritma. Vol. 12, No. 1, ISSN: 2302-7339.

Abu Bakar Akbar. (2022). “Pendampingan Membaca Al-Qur’an Dengan Tajwid Yang Benar Bagi Masyarakat Disekitar Lingkungan Kampus”. Jurnal BUDIMAS, Vol. 04, No. 02, ISSN:2715-8926.

Ahmad Munir, dkk. (1994). “Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur’an”.Jakarta:Rineka Cipta.

Ahmad Syarifuddin. (2004). “Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an”. Jakarta:Gema Insani.

Sei H. Dt. Tombak Alam. (2002). “Ilmu Tajwid Populer 17 kali Pandai”. Jakarta:Bumi Aksara.

Quraish Shihab. (2002). “Membumikan Al-qur’an” .Bandung : Mizan.

Dewa Ketut Sukardi. (2010). “Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah”. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ