BELAJAR SAMBIL BERMAIN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK PADA ANAK DI PAUD HABIBATUR RAHMAN KAMPUNG JENGKOL LEBAK, DESA MEKARJAYA KEC. RUMPIN KAB. BOGOR

Oktaviana Anggraini, Ibnu Satrio Wibowo, Naufal Hasan, Andriyani Andriyani

Abstract


PAUD memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, karena merupakan fondasi bagi dasar kepribadian anak. Anak usia dini memiliki rentang usia yang sangat berharga dibanding usia-usia selanjutnya karena perkembangan kecerdasananya sangat luar biasa para ahli menyebutnya yaitu golden age “masa emas”. Dengan komunikasi langsung melalui pendekatan langsung kepada mitra terkait dan persiapan pelaksanaan kegiatan mengenai meningkatkan kemampuan motorik pada anak usia dini. manfaat pengabdian masyarakat ini dapat melatih perkembangan gerak (kemampuan motorik) anak dan dapat mengupgrade wawasan anak dengan tidak membebani anak-anak dengan angka dan huruf saja melainkan pembelajaran lain yang tidak membosankan. Karena kemampuan anak-anak pada dasarnya memiliki tahapan perkembangan sesuai umur mereka. Pada saat usia dini anak lebih diarahkan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.


Full Text:

PDF

References


Singgih D. Gunarso. Psikologi Untuk Keluarga (Jakarta:Bpk,Gunung Mulya, 1984), H.68

Undang-Undang Dasar 1945, Amandemen (Dijakarta: Sandro Jaya Jakarta)

Esti, Nofita Sari (2021) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Cinta Indonesia Di Paud Kb Harapan Bangsa Aremantai Kabupaten Muara Enim. Skripsi, Uin Raden Intan Lampung.

Chairatul Umamah, & Herman Jufri Andi. (2022). Edukasi Kreativitas Anak Di Paud Nurul Jadid Sumenep Dengan Kegiatan Seni Dan Budaya Berbasis Aktivitas Motorik. Jurnal Pengabdian Mandiri , 1 (8), 1479–1486.

Syahriani Sirait. (2021). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kompetensi Mewarnai Dan Hitung Cepat Di Paud Ar-Ridha.

Mutia Mawardah, & Riri Octavianti. (2022). Meningkatkan Motorik Halus Dengan Media Finger Painting Pada Anak Paud Mandiri Desa Suka Negeri Kabupaten Oku Selatan. Jisos: Jurnal Ilmu Sosial , 1 (6), 323–328.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ