EDUKASI PENCEGAHAN TINDAKAN PERUNDUNGAN PADA ANAK SD/MI

Farah Farah, Azriel Azriel, Mutia Mutia, Reza Reza, Ali Ali, Sokhivah Sokhivah

Abstract


Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Perilaku bullying dapat menyakiti siswa, sehingga mereka merasa tidak diinginkan dan ditolak oleh lingkungannya. Hal ini tentunya akan membawa efek kepada berbagai kegiatan siswa disekolah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan melakukan studi buku dan jurnal. Hasil analisis studi teoritis menunjukkan bahwa Bullying adalah sebuah tindakan atau perilaku agresif yang disengaja, yang dilakukan oleh sekelompok orang atau seseorang secara berulang-ulang dari waktu ke waktu terhadap seorang korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya dengan tidak mudah atau sebagai penyalahgunaan kekuasaan atau kekuatan secara sistematik.


Full Text:

PDF

References


Sapitri,Widya Ayu, Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini, (Semarang : Guepedia, 2020)

Keke,Titi keke. dkk, All About Bully, (Jakarta Selatan : Rumah Media, 2019)

Astuti, Ponny Retno Astuti, Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak, (Jakarta : PT. Grasindo, 2008)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ