PELATIHAN BRANDING PELAKU UMKM KEDAI KOPI DI SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Abstract
Meningkatnya pertumbuhan UMKM Kedai Kopi di Kota Surakarta menjadikan tantangan bagi para pengusaha kopi. Tidak hanya sebagi tempat pertemuan (meeting point) atau lokasi bekerja, pergeseran konsumen kopi menjadikan alasan banyaknya pengusaha kopi bermunculan. Tujuan dilaksanakannya pelatihan dan pengabdian ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya penerapan branding, digital branding, copywriting dan storytelling bagi para pelaku UMKM Kedai Kopi di Kota Surakata ditengah persaingan bisnis kopi. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari kategorisasi, survey dan sosialisasi, identifikasi masalah, pelaksanaan pelatihan dan pendampingaan, terakhir evaluasi. Hasil kegiatan dalam pelaksanaan pelatihan dan pendampingaan adalah peserta memperolah pengetahuan dan gambaran secara umum terkait branding, digital branding, copywriting dan storytelling. Peserta diajak secara langsung mempraktikkan bagaimana membuat copywriting dan storytelling yang tepat, sehingga dapat meingkatkan penjualan. Peserta mendapatkan pendampingan dengan mengajak secara konsisten untuk membranding kedai kopi melalui media sosial, hasil dari branding tersebut dapat digunakan untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan.
Full Text:
PDFReferences
(2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.). Pearson.
Davis, Robert. 2015. Social Media Branding for Small Business: The 5–Sources Model. Newyork: Business Expert Press, LLC, 2015.
Encep Saefullah, Arta Rusidarma Putra, Tabroni. (2021). “Inovasi dan Pengembangan UMKM Emping Melinjo pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Optimalisasi Media Pemasaran dan Alat Produksi,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 2, 292.
Hashim, N.A. 2017. Embracing the Instagram Waves –The New Business Episode to the Potential Entrepreneurs. Journal of Entrepreneurship and Business Innovation. 4(2):13-29. https://doi.org/10.5296/jebi.v4i2.1209
https://www.inews.id/travel/kuliner/data-dan-fakta-tren-menjamurnya-kedai-kopi-kekinian-di-indonesia
https://www.kominfo.go.id/content/detail/39096/siaran-pers-no-482hmkominfo122021-tentang-optimalisasi-ekosistem-ekonomi-digital-tahun-2022-kominfo-lanjutkan-dua-program/0/siaran_pers
https://www.solopos.com/konsumsi-kopi-di-indonesia-meningkat-1152022
https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/pr-04843938/wapres-digitalisasi-umkm-jadi-strategis-untuk-pemulihan-ekonomi-nasional?page=all
Kasmir & Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan ke Delapan. Jakarta: Kencana.
Kotler & Keller. 2012. Marketing Management Edisi 13. Pearson Prentice Hall.
Oktaviana, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Gusfiani N. F., A., Ramdani N., D., 2018, Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi, Jurnal Abdimas BSI, Vol. 1, No. 2, 348-354
Ryan, D., & Jones, C. (2009). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation. London ; Philadelphia: Kogan Page.
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Umar, H. 2001. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan WheelanHunger. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================