EDUKASI CARA MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR PADA ANAK-ANAK DI RT 03 DESA CIPAYUNG CIPUTAT TANGERANG SELATAN

Dhiyyaul Hagi, Nabila Zhafira, Sitti Fatimah Azzahra Wasahua, Winda Dwi Astuti Zebua

Abstract


Kesehatan salah satu hal yang penting dalam kehidupan, secara tidak langsung kesehatan berperan penting untuk meningkatkan hidup sehat dan baik. Kesehatan berperan penting juga dalam meningkatkan kemajuan suatu wilayah maka dalam program Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta ini mengangkat program kerja edukasi tentang sikat gigi dan kesehatan gigi yang dilaksanakan pada TPA RT 03 Desa Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan.  Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Masalah kesehatan gigi dan mulut paling banyak dialami oleh anak usia 6-12 tahun. Tujuan pendidikan kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak pada hakekatnya adalah memperkenalkan anak dengan dunia kesehatan gigi serta segala persoalan mengenai gigi, sehingga mampu memelihara kesehatan gigi. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program edukasi gigi ini dengan penyuluhan, pemberian media untuk sikat gigi, dan praktek secara langsung. Pada kegiatan ini di harapkan anak-anak lebih mempunyai kesadaran dalam kesehatan masyarakat yang memiliki perilaku hidup positif dan sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari di RT 03 Desa Cipayung.


Full Text:

PDF

References


Sitti Indah Budiarti (2021). Meningkatkan kesehatan anak melalui pembiasaan sikat ggi di TK NEGRI PAKUDEN, Jurnal Pengabdian Masyarakat.

https://www.jurnalp4i.com/index.php/educational/article/view/65/57

Sari Atika & Swarnawati Aminah (2021). Edukasi kesehatan gigi dan mulut terhadap anak di kampong poncol kecamatan karang tengah Tangerang, Jurnal Pengabdian Masyarakat.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/11251/6431

Afiati Risti & Rosihan Adhani (2017). Hubungan Perilaku ibu tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut terhadap status karies gigi anak.

https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/dentino/article/view/2601/2259

Mutiara Hanna & Eddy Erfa Annisa Nur Fetiara (2015). Peranan ibu dalam pemeliharaan kesehatan gigi anak dengan status karies anak usia sekolah dasar.

https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1464/1303

Sri Hastuti, Annisa Andriyani (2010). Perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan gigi dalam meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi pada anak di SD NEGERI 2 SAMBI KABUPATEN BOYOLALI.

http://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/article/view/18/15

Kemenkes RI (2012). Buku Panduan Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut di masyarakat. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ