PENINGKATAN KAPASITAS DAN PENYADARAN POTENSI USAHA PADA PELAKU USAHA DESA HAMBARO

Prayoga Pangestu, Lusi Andriyani

Abstract


Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta (KKN-UMJ) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Catur Dharma perguruan tinggi Muhamamdiyah. KKN-UMJ merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan melalui program pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh pemerintah. KKN-UMJ sangat diperlukan bagi mahasiswa karena mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi soft skill mahasiswa melalui pengalaman riil di masyarakat. Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa diharapkan mendapatkan kemampuan generatif yang berupa lifeskills (kecakapan hidup) seperti kemampuan berpikir dan bernalar secara analitik, berdasarkan sumber empirik dan realistik, agar dapat merancang dan melaksanakan program, membantu mengatasi permasalahan yang ada, bekerja sama dengan orang lain, mengatur diri sendiri, dan melatih keterampilan dalam bekerja. Desa Hambaro terkenal akan Tanahnya yang subur, Wisata yang Indah, dan Kreatifitaas masyarakat untuk menciptakan sesuatu. Tetapi sayangnya banyak hasil kerajinan atau lahan yang dimiliki oleh warga desa Hambaro hanya dikelola untuk diri sendiri dan tidak menghasilkan untung yang lebih, sehingga tidak jarang banyak lahan yang dijual untuk memenuhi kehidupannya. Maka kami dari Kelompok 35 Universitas Muhammadiyah Jakarta melaksanakan pelatihan kepada Masyarakat desa Hambaro supaya bisa mengelola Kreatifitasnya itu menjadi Modal Usaha untuk menambah penghasilan kehidupan. Pelatihan yang diberikan tidak hanya bagaimana mengemas Produk supaya menarik, tetapi juga bagaimana cara menjual Produk supaya laku di Era digital ini dengan memanfaatkan Social Media yang ada.


Full Text:

PDF

References


Nurseto, Tejo. (2004). Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah Yang Tangguh.

Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 1, Nomor 1, hal 96-105.

Aprianti, Masayu Endang. (2020). Pentingnya Manajeman Diri dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha. Vol 1, No. 1 , E-ISSN: 2746-2471, Hal 14-24.

Suharto, Edi. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Pangestu, Mari Elka. 2008. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025”, disampaikandalam Konvensi Pengembangan Ekonomi Kreatif 2009-2015 yang diselenggarakan pada Pekan Produk Budaya Indonesia 2008, JCC, 4 -8 Juni 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ