PENGEDUKASIAN MITIGASI DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PERUMAHAN MELALUI PODCAST DAN POSTER SEBAGAI ANTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP KEBAKARAN

Nisrina Salsabila, Fadhil Muhammad Tanjung, Rizky Wulandari, Mutiarani Mutiarani

Abstract


Kebakaran pada rumah seringkali terjadi pada beberapa provinsi di Indonesia. Penyebab kebakaran rumah ditemukan dari aktivitas masyarakat yang lalai dan hambatan arus listrik. Kejadian kebakaran rumah masih sering ditemukan dari ketidakpedulian masyarakat akan pentingnya keamanan dan keselamatan dari ancaman kebakaran rumah hingga dibutuhkan pengedukasi bahaya kebakaran pada masyarakat. Dalam mengurangi resiko kebakaran rumah maka diperlukan upaya preventif pada masyarakat. Dengan ini, kami kelompok 08 KKN UMJ berupaya untuk mengadakan penyuluhan online melalui Podcast youtube untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya kebakaran. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk mengurangi resiko kebakaran rumah yang dimulai dari kelalaian masyarakat sampai cara penanganan kebakaran rumah.  Dengan metode wawancara dan publikasi video Podcast  di youtube bersama para narasumber yang ahli di bidang kebakaran, kami berharap setidaknya Penyuluhan Podcast Youtube ini dapat menjadi ilmu penting bagi masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran rumah. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini yaitu (1) wawasan dan pengetahuan masyarakat meningkat tentang bahaya kebakaran dan penanganan kebakaran, (2) masyarakat memiliki kesadaran untuk mengurangi kelalaian dalam beraktivitas, serta (3) masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi kebakaran rumah secara online. Program ini diharapkan dapat bersifat berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat sehingga masyarakat dapat mengurangi penyebab kebakaran dan mengetahui penanganan saat terjadi kebakaran di rumah.


Full Text:

PDF

References


Ramli, Soehatman (2010). Manajemen kebakaran. Jakarta : Dian Rakyat.

Marfuah Umi, Sunardi Didi, Casban, Dewi Purnamasari A. (2020). Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Untuk Warga RT 08 RW 09 Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(1).

Listianti Nidia A., Lestari Mona, Ainy Asmaripa. (2018). Kitchen Safety Behaviour Sebagai Upaya Preventif Kebakaran Di Lingkungan Rumah Tangga. Jurnal Kesehatan, 11(2).

Sekilas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) https://dibi.bnpb.go.id/xdibi?pr=&kb=&jn=999&th=2022&bl=07&tb=2&st=3&kf=0&start=10. Diakses pada 05 Agustus 2022.

Azmi Samsul Maarif, 2022, Selama Januari 2022, terjadi 12 kebakaran di Kabupaten Tangerang, Antara Banten.

https://banten.antaranews.com/berita/205749/selama-januari-2022-terjadi-12-kebakaran-di-kabupaten-tangerang. Dikutip pada 05 Agustus 2022.

Sekilas Kecamatan Setu. https://kecsetu.tangerangselatankota.go.id/main/content/index/175/51. Diakses pada 07 Agustus 2022.

Rhomi, 2022, Rumah Dua Lantai Hangus Terbakar di Setu Serpong, Diduga Akibat Korsleting Listrik, TangerangUpdate. https://tangerangupdate.com/rumah-dua-lantai-hangus-terbakar-di-setu-serpong-diduga-akibat-korsleting-listrik/. Diakses pada 06 Agustus 2022.

Muhammad Naufal , 2022, Panti Jompo di Setu Tangsel Terbakar, 10 Penghuni Berhasil Diselamatkan. Kompas.com.

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/15/17415221/panti-jompo-di-setu-tangsel-terbakar-10-penghuni-berhasil-diselamatkan. Diakses pada 07 Agustus 2022.

Ketua EduDamkar dan Anggota Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Marwanto, S.K.M., M.A.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ