INOVASI PERTANIAN MELALUI PEMBUATAN MIKRO ORGANISME LOKAL (MOL) PADA MASYARAKAT DI DESA CURUG WETAN

Afina Yasmin, Harid Muzadid Alfalaqi, Zhulfa Taufiqulhakim, Elfarisna Elfarisna

Abstract


Inovasi Pertanian diharapkan mampu membantu untuk menambah ilmu pengetahuan kepada masyarakat atau penduduk desa. Terutama cara membuat pupuk cair dari bahan-bahan alami yang mudah didapat. Dengan adanya KKN mahasiswa diharapkan mampu menjadi bagian dari masyarakat secara aktif, kreatif dan inovatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Kegiatan KKN yang telah dilakasanakan di Jl. Raya STPI Curug Kp. Koleksi RT.001/011 Desa Curug Wetan Kec. Curug Kab. Tangerang, 15810 berjalan dengan baik serta memberikan respon positif bagi masyarakat setempat. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu Inovasi Pertanian Melalui Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) Pada Masyarakat di Desa Curug Wetan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memahami ilmu pengetahuan yang diberikan mahasiswa dan mampu mempraktikkannya dalam kegiatan becocok tanam. Mikro Oranisme Lokal (MOL) memiliki manfaat untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologis tanah, menyehatkan tanaman, meningkatkan produksi tanaman, menjaga kestabilan produksi, menambah unsur hara tanah dengan cara disiramkan ke tanah, tanaman, atau disemprotkan ke daun. Program ini bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi serta komunikasi mengenai Pelatihan Inovasi Pertanian Melalui Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) di Desa Curug Wetan agar target sasaran dapat menerapkannya dalam bercocok tanam sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Firdaus, Febriwendi. 2011. Kualitas Pupuk Kompos Campuran Kotoran Ayam Dan Batang Pisang Menggunakan Bioaktivator MOL Tapai. Skripsi. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Ismaya NR Parawansa dan Ramli, ―Mikroorganisme Lokal (Mol) Buah Pisang Dan Pepaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Ubi Jalar (Ipomea batatas L.),‖ Jurnal Agrisistem, Vol. 10 no. 1 (Juni 2014), h. 11. https:// www.stppgowa.ac.id%2Finformasi%2Fdownloadcentre%2Ffile%2F mikroorganisme lokal-mol- buah-pisang-dan-pepaya-terhadap-pertumbuhantanaman-ubi jalar.pdf&usg =AFQjCNGC_ nN9 LGn4S Fbps6hfgFDqGMwlHQ (Diakses 5 juni 2017)

Ole, M.B.B. 2013. Penggunaan Mikroorganisme Bonggol Pisang (Musa paradisiaca) Sebagai Dekomposer Sampah Organik. Jurnal. Universitas Atma Jaya Yogyakarta Fakultas Teknobiologi Program Studi Biologi.Yogyakarta

Purwasaswita, M. 2009. Mikroorganisme Lokal sebagai Pemicu Siklus Kehidupan Dalam Bioreaktor Tanaman, Seminar Nasional Teknik Kimia Indonsesia, 19-20 Oktober 2009

Selly Salma dan Joko Purnomo, Pembuatan MOL dari Bahan Baku Lokal sebagai dekomposer dan Pemacu Tumbuh Tanaman (Bogor: Badan penelitian dan pengembangan pertanian kementerian pertanian, 2015), h. 4. http://balittanah. litbang. pertanian.go.id/ind/ dokumentasi/leaflet/juknis%20mol.pdf?secure=true (Diakses 5 Juni 2017).

Sutari, N. W. S. 2010. Uji Berbagai Jenis Pupuk Cair Biourine terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.). Agritrop : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian (Journal On Agricultural Sciences) edisi desember 2010. Vol.29.

Sutaryo, 2004. Dasar-Dasar Sosialisasi. Jakarta: Raja Grafindo

Sutejo.M.M, 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ