OPTIMALISASI PENERAPAN NILAI PANCASILA, CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) DAN KREATIVITAS SISWA/I SEKOLAH DASAR NEGERI SEPATAN IV

Authors

  • Meiga Indah Sari Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
  • Febriansyah Ahmad Nugroho Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
  • Fatin Ghaida Shafiyya Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
  • Lilik Sumarni Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Abstract

Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa dimana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, damana melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan. Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserte didik. Maksudnya adalah pendidikan lebih merpakan suatu proses berkesinabumbungan dalam upaya menyiapkan peserta didik yang pada awalnya bercirikan “belum siap” pribadi kepada kesiapan dan kematangan pribadi. Melalui pengajaran, edukasi serta penyuluhan mengenai pengoptimalisasi Penerapan Nilai Pancasila, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Kreativitas Siswa/I di SD Negeri Sepatan IV diharapkan program ini dapat menggali lebih dalam kemampuan kognitif, partisipatif dan kratifitas bagi mereka.

Author Biographies

Meiga Indah Sari, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Febriansyah Ahmad Nugroho, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Fatin Ghaida Shafiyya, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Lilik Sumarni, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

References

Abdul Hakim, Asimiyati, D. (2020) ‘Profil Sanitasi Sekolah’, p. 98.

Ananda, R. and Abdillah (2018) Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip Dan Model.

Dini, D. J. P. A. U. (2021) ‘Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah’.

Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M. P. (2021) ‘Perkembangan dan Karakteristik Pendidikan Siswa Sekolah Dasar’, pp. 1–108.

Jusmawati et al. (2020) Model-Model Pembelajaran di Sekolah Dasar, Samudra Biru.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2018) Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2020) Panduan Opsi Sarana CTPS Republik Indonesia.

Sudarma, M. (2015) ‘Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Kerja dan Masyarakat’, pp. 1–263.

Downloads

Published

2022-10-26