PEMBERDAYAAN UMKM TELUR ASIN BARIROH MELALUI INSTAGRAM MARKETING DI DESA PAKIJANGAN BREBES

Audi Rizki Pangestu, Gilang Handoko, Muhammad Ardiansyah, Abdul Rahman

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19. Penurunnya daya beli konsumen menjadi suatu tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usahanya. Salah satu peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pendemi saat ini adalah dengan cara memaksimalkan penjualan Online. Tetapi tidak sedikit para pelaku UMKM yang masih belum paham dengan penjualan Online ini. Maka dari itu, perlunya pemberdayaan mayarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar Online atau pilihan lain dengan memberdayakan pelaku UMKM dalam membranding produk unggulan. Dengan menggunakan dan mengelola media digital yang tepat, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat mengenai produk. Media digital yang bisa digunakan antara lain Instagram, Facebook, WhatsApp, Youtube, GrabFood/Go-Food atau platform lainnya. Namun saat ini kami hanya memilih dari salah satu aplikasi di atas yaitu Instagram. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah dalam bentuk pandampingan terhadap pelaku usaha tentang pengembangan inovasi usaha UMKM yang dimana para anggota turun langsung ke lapangan. Kegiatan pendampingan UMKM ini dilaksanakan di lokasi Desa pakijangan kecamatan Bulakamba kabupaten Brebes. Proses kegiatan Pendamingan UMKM berupa wawancara dengan pemilik usaha untuk mengetahui situasi kondisi usahanya saat ini, para anggota membantu dari proses pembuatan sampai tahap penjualan melalui instragram.


Full Text:

PDF

References


Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media social Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan,1(01), 25-32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Oktaviana, Fanny Nur. 2010. Evealuasi Program Baitulmaal Wa Tamwil Ar-ridho Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Timur. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/1024198/kumawula.v4il.32361

Supriyanto. 2006. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Pendidikan.Vol. 3 No (1) Hal:1-16.

Saputro, dkk. Peta Rencana (ROADMAP) Riset Enterprise Resource Planning (ERP) Dengan Fokus Riset Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UMK) Di Indonesia. Journal of Information Systems.Vol. 6 No (2) Hal:140-145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ