PEMBERIAN BANTUAN BAHAN PANGAN DAN KAMPANYE SAMPAH PLASTIK

Annisa Desiana Fithri Andyani, Karina Silvani, Muhammad Hardiansyah, Raihan Maulana Syarif, Dermawan Duta, Bambang Sudiarto

Abstract


Kemiskinan di wilayah RT 028 RW 08 Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat, masih menjadi permasalahan yang dominan. Hal ini diperburuk dengan kondisi pandemi Covid-19 yang membuat banyak warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok, khususnya kebutuhan pangan. Adapula, masalah sampah plastik masih menumpuk dan berserakan di wilayah tersebut. Sampah-sampah plastik tersebut kemudian dibakar oleh warga. Kesadaran masyarakat terhadap kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan produk-produk berbahan plastik terhadap kerusakan lingkungan masih rendah. Merespon permasalahan-permasalahan tersebut, kelompok 5 KKN UMJ melakukan bakti sosial dalam bentuk pemberian bantuan bahan pangan dan kampanye sampah plastik. Sasaran masyarakat yang diberikan atau berpartisipasi dalam program ini ialah yatim/piatu dan duafa. Mereka juga diedukasi untuk mengganti pemakaian produk berbahan plastik ke barang yang dapat dipakai secara berulang. Edukasi ini diberikan melalui penyebaran flyer yang disisipkan dalam tas sembako tersebut. Hasil dari kegiatan ini, masyarakat merasakan langsung bantuan tersebut dan mereka mengapresiasi kegiatan ini.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, L. D. (2017). Bakti Sosial. Jurnal Dosen Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Fauzzia, W., Sofiani, F., Shaleha, D. N., Malik, N. A., Delia, R., Rubianti, W., & Wulandari, W. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Muniarty, P., Nurhayati, N., Wulandari, W., Rimawan, M., & Amirulmukminin, A. (2021). Kegiatan Bakti Sosial Melalui Pembagian Sembako Kepada Masyarakat di Pandemi Covid-19. Global Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18-23.

Tambunan, E., Purba, M. L., & Haloho, E. (2020). Pendampingan Gerakan Bakti Sosial Berbagi Paket Sembako Peduli Covid-19 Hima Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 58-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ