SOSIALISASI DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN GADGET BAGI SISWA

Diaz Tarakarti Gusman, Winda Wati, Istisari Bulan Lageni

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini atau dikenal dengan KKN dilaksanakan di sekolah dasar Bhakti Luhur dengan dihadiri siswa-siswi kelas V dan VI yang diadakan oleh kelompok 48 KKN UMJ. Adapun bentuk programnya adalah sosisalisasi dampak penggunaan gadget bagi siswa, hal ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para siswa akan pentingnya gadget terutama dalam menunjang proses belajar mengajar. Metode yang digunakan melalui tahapan perencanaan dan tahapan pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan KKN secara umum berjalan dengan baik dan mendapat timbal balik yang baik dari siswa maupun guru di SD Bhakti Luhur. Siswa menjadi paham akan dampak positifnya gadget di kehidupan sehari-hari maupun dalam proses belajar mengajar

Full Text:

PDF

References


Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Fathoni, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Http://Www.Artikelcakep.Top/2017/10/Pengaruhgadget-Terhadap-Perkembangananak-Artikelcakep.Html.

Hurlock, E. B. (2016). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) (5th Ed). Erlangga.

Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum. Pt. Asdi Mahasatya.

Ameliola, S., Nugraha, D. (2013). Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Universitas Brawijaya

Suparman, S., & Putriyani, S. (2020). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap anak di desa Buntu Pema Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 2(2), 40-50.

Hidayah, N., Nashoih, A. K., Asyari, T. R., & Chumaidi, A. (2021). Sosialisai Edukasi Smartphone terhadap Anak “Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone pada Anak”. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23-26.

Dewi, W. N. A., Marini, M., Khasanah, K., & Rifandi, R. A. (2022). Sosialisasi Dampak Kecanduan Penggunaan Gadget Bagi Kehidupan Anak Sekolah di SMP Fransiskus Semarang. Manggali, 2(1), 120-129.

Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236-1241.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ