PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PADA UMKM OLAHAN MAKANAN DI KELURAHAN KELAPA DUA WETAN

Meri Prasetyawati, Wiwik Sudarwati, Jaharuddin Jaharuddin, N. Nelfiyanti, Andry Setiawan, Arman Saputra

Abstract


Pada tataran ekonomi global, Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian domestik negara dan keberadaan UMKM, dimana UMKM ini merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional. Namun, UMKM masih memiliki sederet permasalahan yang menjadi perhatian untuk ditangani. UMKM di Kelurahan Kelapa Dua Wetan membuat usaha olahan makanan seperti sambal cumi, kentang mustofa, peyek, tahu bakso, telur gabus keju dan berbagai macam snack kering. Dalam menjalankan usahanya secara produk yang dihasilkan tidak kalah dengan pesaingnya, namun masih belum mampu bersaing karena keterbatasan dalam hal kemasan dan pemasaran produk. Produk dikemas dengan sederhana menggunakan kemasan plastik yang tidak ada labelnya. Sehingga secara penampilan menjadi kurang menarik dan berdampak pada nilai dan volume penjualan yang rendah. Hal ini disebabkan karena Kurangnya pengetahuan terkait kemasan. Edukasi mengenai kemasan produk makanan ini menjadi penting mengingat kemasan tidak hanya berfungsi sebagai daya tarik konsumen saja tetapi pemilihan bahan dan bentuk kemasan mempengaruhi kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu UMKM dalam mengatasi permasalahan kemasan yang kurang menarik melalui pelatihan keterampilan pembuatan desain kemasan. Pelatihan ini dilaksanakan secara bertahap baik online maupun offline, mulai dari Pre-test, penyuluhan mengenai peran dan fungsi desain kemasan makanan dalam dunia pemasaran, pelatihan membuat desain kemasan menggunakan aplikasi canva, dan Post test. Hasil pengabdian masyarakat ini  adalah para peserta memahami cara pembuatan desain kemasan dan dapat mempraktekkan untuk usahanya.

Full Text:

PDF

References


ewi Isma Aryani, N. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Kemasan Sabun Bunga Matahari Di Desa Bojonghaleuang Sebagai Program Community Empowerment. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 76-85.

Liliek Nur Sulistiyowati, P. U. (2021). Pelatihan Pembuatan Kemasan Kain Batik Tulis Murni Ngangkrik di Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Adi Widya, 89-94.

Muhammad Anasrullah, B. (2017). Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) untuk meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-Adimas, 26-30.

Mukhlis M, L. A. (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan Produk-Produk Rumahan Bagi Masyarakat Di Desa Toniku. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Nihayati, O. P. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Aktivitas Belajar. Journal Of Islamic and Muhammadiyah Studies, 15-19.

Soni Trison, S. N. (2020). Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Media Pemasaran Online UMKM di kelurahan Kukusan Kota Depok. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 159-166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ