PEMBERDAYAAN UMKM DI RT/RW 05/06 DESA WARU JAYA, PARUNG, BOGOR

Ayu Kurnia Mayasari, Nandi Junaedi Rizki Aly, Yusuf Maulana Kartim, Munayah Fauziah

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bagian dari kegiatan akademik yang bersifat sosial aplikatif, serta merupakan salah satu kegiatan di mana mahasiswa benar-benar menjunjung tinggi dan mengabdikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah dilaksanakan di Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, selama 2 minggu dimulai dari tanggal 1 Agustus – 14 Agustus 2022. Program-progarm dirancang berurutan mulai dengan diskusi kelompok KKN, aparat desa, serta masyarakat setempat, khusus yang bersinggungan langsung dengan program-program yang dirancang. Pelaksanaan program KKN dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi diakhir setiap program. Kesempatan kali ini kami bekerja sama dengan Bapak Ndin yang memiliki UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) berupa pembudidayaan tanaman yang berlokasi di Desa Waru Jaya RT 05 RW 06, Kec. Parung, Kab. Bogor, Jawa Barat. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN diantaranya mengembangkan keterampilan masyarakat dan ikut membantu pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) guna meningkatkan potensi desa setempat, salah satunya yakni melakukan pemberdayaan terhadap UMKM setempat dengan membantu pembuatan media promosi berupa banner konvensional demi meningkatkan promosi dari UMKM tersebut.


Full Text:

PDF

References


Ariyanto, Aris, dkk. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Sumatra Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Guntoro, A., Dektisa, H.A., dan Asthararianty. (2018). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BROTHERWOOD. JurnalDKV Adiwarna, 2(13), 1-9.

Muthohir, Moh. (2019). Perancangan MediaPromosi Produk Unggulan UKM Kendal Berbasis Web denganMetode R&D. JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS, 12(2), 13-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ