PEMBERDAYAAN UMKM DI RT/RW 05/06 DESA WARU JAYA, PARUNG, BOGOR

Authors

  • Ayu Kurnia Mayasari Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nandi Junaedi Rizki Aly Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yusuf Maulana Kartim Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Munayah Fauziah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bagian dari kegiatan akademik yang bersifat sosial aplikatif, serta merupakan salah satu kegiatan di mana mahasiswa benar-benar menjunjung tinggi dan mengabdikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah dilaksanakan di Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, selama 2 minggu dimulai dari tanggal 1 Agustus – 14 Agustus 2022. Program-progarm dirancang berurutan mulai dengan diskusi kelompok KKN, aparat desa, serta masyarakat setempat, khusus yang bersinggungan langsung dengan program-program yang dirancang. Pelaksanaan program KKN dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi diakhir setiap program. Kesempatan kali ini kami bekerja sama dengan Bapak Ndin yang memiliki UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) berupa pembudidayaan tanaman yang berlokasi di Desa Waru Jaya RT 05 RW 06, Kec. Parung, Kab. Bogor, Jawa Barat. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN diantaranya mengembangkan keterampilan masyarakat dan ikut membantu pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) guna meningkatkan potensi desa setempat, salah satunya yakni melakukan pemberdayaan terhadap UMKM setempat dengan membantu pembuatan media promosi berupa banner konvensional demi meningkatkan promosi dari UMKM tersebut.

Author Biographies

Ayu Kurnia Mayasari, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nandi Junaedi Rizki Aly, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Yusuf Maulana Kartim, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Munayah Fauziah, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Agroteknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta.Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Ariyanto, Aris, dkk. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Sumatra Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Guntoro, A., Dektisa, H.A., dan Asthararianty. (2018). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BROTHERWOOD. JurnalDKV Adiwarna, 2(13), 1-9.

Muthohir, Moh. (2019). Perancangan MediaPromosi Produk Unggulan UKM Kendal Berbasis Web denganMetode R&D. JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS, 12(2), 13-20.

Downloads

Published

2022-10-26