PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI PRODUK BERNILAI EKONOMI DI KELURAHAN PEDURENAN KOTA TANGERANG

Bella Alizah, Nadya Lutfiana Lumakso, Bilal Andriyit, Lilik Sumarni

Abstract


Sejalan dengan peningkatan penduduk dan aktivitas yang dilakukan manusia maka mempengaruhi sampah yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah manusia semakin kompleks kegiatan dan usaha dalam  mengelola sampah dan semakin besar pula permasalahan sampah yang harus ditanggulangi. Seperti sampah rumah tangga yang juga memiliki permasalahan dalam pengelolaannya. Peningkatan jumlah sampah yang tidak diikuti oleh perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan sampah mengakibatkan permasalahan sampah menjadi kompleks sehingga menimbulkan permasalahan kehidupan seperti, bau, penyakit, bencaan alam, dan lain-lainnya. Untuk itu butuh kesadaran dan kreatifitas dari masyarakat terutama individu dalam mengelola sampahnya agar tidak mencemarkan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah yang ada disekitarnya menjadi barang bernilai ekonomi dengan tujuan mengurangi permasalahan kehidupan akibat sampah. Metode yang dilakukan yaitu pendekatan natra personal. Teknik pengambilan data meliputi : wawancara, observasi, dan dokumentasi.


Full Text:

PDF

References


Manik, J. R., & Kabeakan, N. T. M. B. (2021). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dalam Peningkatan Pendapatan pada Kelompok Ibu-Ibu Asyiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 48-54.

Nugraha, A., Sutjahjo, S. H., & Amin, A. A. (2018). Analisis persepsi dan partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di Jakarta Selatan. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(1), 7-14.

Kecamatan Karang Tengah Dalam Angka 2020. (2020). Diakses pada 15 Agustus 2022, dari https://statistik.tangerangkota.go.id/assets/publikasi/file/c86a3c7711301f6e55b33014c843d2de.pdf

Profile Kecamatan karang tengah, https://keckarangtengah.tangerangkota.go.id/login/main


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ