SOSIALISASI PEMBERANTASAN JENTIK NYAMUK DI KAMPUNG JATI, KELURAHAN BUARAN, BUARAN, TANGGERANG SELATAN

Selvi Fathia, Emir Suni Doliano Harahap, Raihan Putra Pratama

Abstract


Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Untuk demam berdarah ringan, maka ia akan menyebabkan demam tinggi dan gejala seperti flu. Sementara untuk demam berdarah yang parah, ia bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) dan bahkan kematian.salah satu penanggulangan yaitu dengan cara memberantas jentik nyamuk sehingga dapat mengurangi angka kejadian penyakit DBD Oleh karena itu, perlu dilakukan penyuluhan kesehatan tentang pemberantasan jentik nyamuk di masyarakat. Desa kampung jati adalah desa yang terletak di kelurahan buaran yang rentan terhadap penyakit DBD karenabelum menerapkan rutin cara pencegahan penyakit DBD tersebut. Oleh karena itu, diadakanlah penyuluhan pemberantasan jentik nyamuk tersebut dengan tujuan terjadinya perubahan perilaku dan kesadaran untuk rutin menerapkan penanggulangan terkait penyakit DBD tersebut. Penyuluhan ini dilakukan dengan meliputi 6 unsur: petugas penyuluh, materi penyuluhan,  metode penyuluhan, alat bantu penyuluhan, sasaran penyuluhan dan waktu dan pelaksanaan penyuluhan. Masyarakat kampung jati terlihat antusias saat mendapat pengetahuan dan cara menerapkan penanggulangan terkait pemberantasan jentik nyamuk.

Kata Kunci: DBD,penyuluhan Kesehatan,Pemberantas Jentik Nyamuk.


Full Text:

PDF

References


Yenni, M., & Wuni, C. (2019). Penyuluhan Tentang Pemberantasan Jentik Nyamuk Demam Berdarah Dengue di Puskesmas Rawasari. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI) Vol, 1(1), 7-11.RD Kurniawati, A. Sutriyawan (2020). Analisis Pengetahuan dan motivasi pemakaian ovitrap sebagai upaya pengendalian Jentik Nyamuk Aedes Aegepty. Jurnal Ilmu Kesehatan.

Rosidin, U., & Witdiawati, W. (2019). Pengetahuan dan sikap masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di Jayaraga Garut. ASPIRATOR-Journal of Vector-borne Disease Studies, 11(2), 113-120.

Saleh, M., Aeni, S., Gafur, A., & Basri, S. (2018). Hubungan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan Keberadaan Jentik Nyamuk Aedes aegypti di Wilayah Kerja Puskesmas Pancana Kab. Barru. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(2), 93-98.

Kurniawati, R. D., Sutriyawan, A., & Rahmawati, S. R. (2020). Analisis pengetahuan dan motivasi pemakaian ovitrap sebagai upaya pengendalian jentik Nyamuk Aedes Aegepty. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(04), 248-253

EBNUDESITA, F. R. (2020). Hubungan Pengetahuan Abatisasi Dengan Praktek Penggunaan Abate Untuk Pemberantasan Jentik Nyamuk Di Desa Jatisari Kabupaten Madiun (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ