EDUKASI PARENTING LITERASI NUMERASI DAN GIZI SEIMBANG UNTUK ORANGTUA AUD DI TK AISYIYAH 104 JAKARTA SELATAN
Abstract
Literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan Abad 21 yang perlu dilatihkan sejak anak berusia dini. Agar memiliki literasi numerasi yang tinggi, selain faktor stimulasi juga diperlukan gizi seimbang. Sayangnya masih banyak orangtua belum menyadari bahwa banyak sumber daya di dalam rumah yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran literasi numerasi yang menyenangkan. Masih banyak juga orangtua yang melakukan hal praktis dalam penyiapan makanan, yang dominan berupa makanan cepat saji dengan kandungan kalori tinggi dan sedikit kandungan gizi. Permasalahan ini bisa diatasi jika orangtua tahu bagaimana memanfaatkan sumber daya yang tersedia di rumah untuk pembelajaran literasi numerasi dan memiliki pengetahuan gizi seimbang. Inilah yang menjadi latar belakang kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Edukasi Parenting Literasi Numerasi dan Gizi Seimbang untuk Orangtua Anak Usia Dini di TK Aisyiah 104 Jakarta Selatan. Kegiatan ini dirasakan manfaatnya oleh peserta terbukti dari peningkatan pengetahuan dari skor pre tes dan post test sebesar 32%. Peserta juga menyambut positif terbukti dari antusiasme setelah mereka mengetahui bahwa belajar matematika di rumah ternyata sangat menyenangkan dan bisa menggunakan bahan yang tersedia di dalam rumah tanpa harus membeli atau menyiapkan secara khusus. Rumah menyediakan bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi literasi numerasi. Bahan-bahan yang tersedia di halaman depan, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dapur, bahkan area kamar mandi hingga garasi dan halaman belakang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran literasi numerasi. Selain itu keterampilan menyiapkan makanan bergizi seimbang juga penting dilakukan agar anak sehat dan siap menerima stimulasi yang diberikanReferences
Afriyanti, I., Wardono W., Kartono K. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, hal: 608-613.
Azis, A., Warda, Y. and Jannah, F. (2022). Peranan Keluarga Terhadap Pendidikan Akhlak Di Masa Pandemi’. Hibrul Ulama, 4(1), pp. 28–37. Available at: https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/hibrululama/article/download/169/168.
Eminita, V, KA Notodiputro, B Sartono. (2019). Varaible that Influenced Achievement of Indonesian students in the Program International Student Assessment (PISA) 2015 Using Structural Equation Modeling (SEM). Prosiding International Conference on Mathematics and Science Education 2019. Bandung. hal. 1-6
Febrianto ID. Rismayanthi C. (2014). Hubungan Tingkat Penghasilan, Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pengetahuan Orangtua Tentang Makanan Bergizi dengan Status Gizi. MEDIKORA Vol. XIII No. 1 Oktober 2014
Lidia K, Setianingrum ELS. Folamauk C. Amat ALS. (2020). Peningkatan Kesehatan dengan Suplemen dan Gizi Seimbang di Era Pandemi Covid-19. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LPPM UNDANA VOL 14 NO 2 (2020)
Mansur. N. (2018). Melatih Literasi Matematika dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, hl: 140-144.
Masrikhiyah, R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Seimbang Dalam Pemenuhan Gizi Keluarga. DINAMISA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4, No. 3 September2020, Hal 476-481. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4378
Mujahidah. (2015). Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas, Lentera. Vol. XVII (2), pp. 171–185.Nugraha, D., O Dian. (2020, Januari 1). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama). 7(1).107-126
Nadhiroh. H. TAE Permatasari. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Selama masa Pandemi Covid-19 bagi Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik. Vol. 4(2), hal: 63-68
Nurhalita.N. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21 Abstrak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3(2), pp. 298–303.
Oktariani. E. E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K). Vol. 1(1), hal: 23-33.
Puspita. L. MY Umar. PK Wardani. D Kumalasari. (2019). Edukasi Orang Tua Tentang Stimulasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Balita Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu. Vol. 1(1), hal: 64–68.
Riset Kesehatan Dasar. (2018). Proporsi Gizi Kurang dan Gemuk Pada Balita. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.
Roshonah AF. (2019). Urgensi Program Pelatiahan Parenting dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Orangtua dengan Anak. Al-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, Vol. 5(2), hal: 121-145
Siskawati FS, Chandra FE, Irawati TN. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Konferensi Pendidikan Nasional Vol. 3 No. 1 hal. 253-261
Suparmi, Syafrani, & Sumarto. (2019). Pelatihan Teknologi Fortifikasi Daging Ikan Sebagai Sumber Protein Nugget Ubi Kayu Di Desa Tambusai Batang Dui. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 181-187.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prodising Seminar daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka belajar. 1, hal 13-28
Syahputra. E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal), Vol. 1, hal: 1276-1283