APLIKASI PROSES KERJA YANG ERGONOMIS DALAM PROSES PEMBUATAN FURNITURE DI FADHEL FURNITURE

Renty Anugerah Mahaji Puteri, N Nelfiyanti, Wiwik Sudarwati, Ismah Ismah, Nabilah Permata Sari

Abstract


Fadhel Furnitre adalah salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang industry furniture yang berada di daerah Jakarta Timur dengan cukup banyak persaingan usaha sejenis. Permasalahan yang ada adalah kondisi Fadhel Furniture yang belum optimal dalam keergonomisan dalam proses kerja, lingkungan dan budaya kerja. Program ini mengaplikasikan hasil penelitian yang bertujuan agar terciptanya kondisi yang ergonomis. Sehingga solusi yang dicapai dapat berupa buadaya kerja yang ergonomis sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan etos kerja. Adapun tahapan rencana kegiatannya adalah melakukan dulu edukasi melalu penyuluhan dan ceramah materi ergonomic dalam proses kerja, memonitoring beberapa kondisi yaitu proses kerja, monitoring proses kerja, monitoring area workshop dan gudang,  monitoring pencahayaan, kebisingan dan Monitoring jenis bahaya kerja, pengaturan pekerjaan & organisasi. Yang kesemuanya ini dicatat dan dianalisa apakah sudah sesuai dengan kaidah ergonomi atau belum

Full Text:

PDF

References


Iridiastadi, Hardianto & Yassierli. 2014. Ergonomi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

I Kadek Dwi Arta Saputra; Susy Purnawati; Ida Bagus Alit Swamardika; Luh Made Indah Sri Handari Adiputra; I Gusti Ngurah Priambadi; I Made Krisna Dinata. (2020). Kursi Lantai dan Penataan Layout Meningkatkan Work Engagement dan Produktivitas Pekerja Pembuatan Atap Alang-Alang. Jurnal Ergonomi Indonesia No 06, Vol 01.

Kastoro, K., & Nelfiyanti, N. (2014). Usulan Penempatan Barang Jadi di Area Warehouse Produk Jadi dengan Konsep 5s di PT. Nobi Putra Angkasa. Prosiding Semnastek, 1(1).

Nelfiyanti, N., Rani, A. M., & Ramadhan, A. I. (2016). Perancangan Sistem Informasi Dan Tata Letak Fasilitas Produksi Tas Cv. banua Dengan Menggunakan Alqoritma Corelap. Prosiding Semnastek

Putranto, Rahadi Ferri & Bambang Purwanggono. (2016). Ergonomic Assesment Area Gudang Dan Pabrik Pada PT. Tirta Investama. Industrial Engineering Online Journal Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ