PENYULUHAN PENCEGAHAN BULLYING TERHADAP KALANGAN PELAJAR SMP

Ahmad Yudha Kurniawan, Deas Wahya Ayuningtyas, Medina Aurelia, Daniel Handoko

Abstract


Berdasarkan kesepakatan kerja sama antara Kuliah Kerja Nyata 89 Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan SMP AL – BARKAH, maka perlu dilakukan tindak lanjut sebagai realisasi dari perjanjian kerja sama tersebut. Realisasi kerja sama yang dilakukan antara lain yaitu dalam program pengabdian masyarakat yang dapat berupa kegiatan penyuluhan, pendampingan. Melalui mengajar formal, dan juga informal antara KKN 89 UMJ terkait dengan kondisi permasalahan di lingkup sekolah SMP AL – BARKAH, didapati bahwa salah satu permasalahan yang dirasa perlu diwaspadai adalah dalam hal pergaulan dengan sesama siswa SMP. Berdasarkan pengamatan pihak sekolah, dalam hal ini adalah guru, pergaulan siswa SMP dirasakan semakin “berani”. Dalam arti terkadang “melupakan” resiko atau bahaya yang dihadapi nya. Jika ditelaah lebih lanjut, maka perilaku berisiko di kalangan siswa SMP dapat disebabkan karena adanya proses adaptasi dalam menghadapi masa pubertas dan juga dalam menghadapi perubahan gaya pergaulan di masa remaja. Perilaku berisiko yang menjadi permasalahan yang marak terjadi adalah perilaku yang terkait dengan bullying serta perilaku yang terkait pemahaman akan seksualitas.


Full Text:

PDF

References


Buku Panduan lengkap KKN UMJ 2022

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal’. Nursing News, 4(1), https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/1473/104.

Harahap, E., & Ika Saputri, N. M. (2019). ‘Dampak Psikologis Siswa Korban Bullying Di SMA Negeri 1 Barumun’. RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), https://doi.org/10.31604/ristekdik.v4 i1.

Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R. (2017). ‘Bullying verbal menyebabkan depresi remaja SMA Kota Yogyakarta’. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(1), 43. https://doi.org/10.22146/bkm.8183.

Ali Mohamad dan Asrori Mohamad, (2006). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara.

Assegaf, Abd. Rahman.( 2004). Pendidikan Tanpa Kekerasan : Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep. Yogya: Penerbit Tiara Wacana.

Astuti, P.R. (2008). Meredam Bullying: 3 cara efektif mengatasi kekerasan pada anak. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ