PENYULUHAN KENAKALAN REMAJA MELALUI SUDUT PANDANG HUKUM, KESEHATAN DAN KEAGAMAAN

Afifah Auliah. N, Muhammad Dliya Elrachman Ashar, Hernawan Wicaksono, Triana Srisantyorini

Abstract


Remaja merupakan aset masa depan suatu bangsa. Namun saat ini banyak sekali yang terjadi pada diri remaja, seperti narkoba dan genk motor. Hal ini merupakan masalah yang sudah tidak asing lagi. Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Banyak sekali faktor internal dan eksternal penyebab kenakalan remaja yang perlu diperhatikan. Untuk mengatasinya maka bimbingan dari orang tua dan juga lingkungan yang baik bisa menjadi penentu bagi perkembangan remaja tersebut.  Berdasarkan hasil beberapa penelitian ditemukan bahwa salah satu penyebab timbulnya kenakalan remaja adalah kurang berfungsinya peran orang tua sebagai teladan bagi anak-anak mereka. Suasana dalam keluarga yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak juga menjadi salah satu penyebabnya , termasuk perceraian kedua orang tua mereka. Seringkali mereka melakukan kejahatan dikarenakan mereka merasa tidak diperhatikan oleh orang tuanya yang terlalu sering bekerja tanpa memperhatikan perkembangan anak. Anak-anak remaja yang melakukan kejahatan itu pada umumnya kurang memiliki control diri , atau justru menyalahgunakan kontrol diri tersebut, dan suka menegakkan peraturan sendiri tanpa memperhatikan keberadaan orang lain di sekitarnya.


Full Text:

PDF

References


Aviyah, Evi, and Muhammad Farid. (2010). "Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja." Persona 3.02 (2014).

Nurrahma, Evi. 2013. Perbedaan Self esteem pada Narapidana Baru dan Residivis di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang. Jurnal Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya Malang.

Appilia, Diwan. Kenakalan Remaja Faktor Dan Penanggulangannya, 2013. Diakses pada tanggal 19 Mei 2019 dari situs://www.jurnalilmiahhtp2013.blogspot.co.id/2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ