LITERASI HUKUM DI WILAYAH KELURAHAN CILANGKAP JAKARTA TIMUR

Muhammad Lanang, Maulidina Putri Nur, Putri Nabila Haqi, Sulthan Naufal, Hadyan Putra, Didi Priyato Didi Priyanto, Sharfina Fildzah Amalia, Arief Mardiansyah, Harmonis Harmonis

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini sesuai dengan PERMENDIKBUD Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. KKN UMJ merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Catur Dharma perguruan tinggi. KKN UMJ merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan melalui program pemberdayaan masyarakat. Masyarakat yang menjadi sasaran KKN UMJ dapat berupa masyarakat pedesaan, masyarakat perkotaan, sekolah, masyarakat industri, atau kelompok masyarakat lain yang dipandang layak menjadi sasaran KKN UMJ. Metode pendekatan yang digunakan adalah penyuluhan dengan media powerpoint dengan mengangkat tema literasi. Literasi yang dipaparkan adalah mengenai hukum yang ada di masyarakat seperti bullying,  norma, adab, etika, dan penggunaan media sosial yang bijak dengan peserta anak-anak dan remaja di Kelurahan Cilangkap Jakarta Timur.


Full Text:

PDF

References


Steiner, M (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education England: Trentham Books Limited.

Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.) (1991). Menangkan Anak-anak Dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.

Yaya, M (Ed) (1998) Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke-21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ