MENGOPTIMALKAN PERAN KOPERASI BERBASIS SYARIAH DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH CISAUK TANGGERANG DENGAN PELATIHAN AKUNTANSI SYARIAH

Eva Herianti, Litdia Litdia, Dahlia Tri Anggraini, Endang Rudiatin

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat merupakan sharing atau transfer ilmu umum sehingga dapat membantu masyarakat atau lingkungan dalam berbagai kegiatan. Hal ini akan menambah pengetahuan bagi para personil dan anggota masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan tujuan dari universitas dalam melaksanakan kegiatan sharing ilmu diantaranya pemberdayaan masyarakat dan pengembangan pengetahuan mengenai akuntansi terutama akuntansi syariah. Sejalan dengan tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini yaitu mengoptimalkan peran koperasi berbasis syariah dipondok pesantren darul hikmah cisauk tanggerang dengan melakukan pelatihan akuntansi syariah yang diberikan kepada pengurus koperasi. Keilmuan akuntansi belum secara keseluruhan dipahami oleh pengurus koperasi, sehingga pencatatan yang ada dikoperasi sekolah pondok pesantren tersebut masih dalam bentuk manual dan sangat sederhana. Ilmu tentang akuntansi merupakan suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengambilan keputusan untuk perhitungan Sisa Hasil Usaha anggota. Kegiatan akuntansi penting dilakukan di semua bidang usaha khususnya di perdagangan yang dilakukan dipondok pesantren dalam bentuk koperasi yang belum bersertifikat. Mencatatan dan perhitungan Akuntansi merupakan perintah Allah swt dalam QS. Al Baqarah:282, maka dengan kita melaksanakan kegiatan akuntansi termasuk beribadah kepada Allah. Begitupun dalam pengelolaan koperasi di lingkungan Pondok Pesantren yang sangat kental dengan keIslaman dan profesionalisme, dibutuhkan kegiatan akuntansi demi terwujudnya koperasi yang amanah dan akuntabel.


Full Text:

PDF

References


Burhanuddin Yusuf,(2016) “Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Syariah,” Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen 6, no. 1, hlm. 102.

Juwariyah and Anita Rosmawarni, (2021) “Strategi Marketing Mix Koperasi Dalam Meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) Di Pukopal Kodiklatal Surabaya,” Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis 1, no. 1, hlm.19.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data. Deepublish.

Mardyanto, Eko. (2016). Manajemen Kewirausahaan Pondok Pesantren Berbasis Agrobisnis. Jurnal Fikroh. Vol 9 No 2.

Nuraini, F., Maharani, R., & Andrianto, A. (2016). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM dan Koperasi Dalam Menghadapi Aec (Asean Economic Community): Suatu Telaah Kepustakaan

Riza Syahputera and Martha Rianty N, (2019) “Peranan Ketua Pengurus Dan Manajer Dalam Penyusunan Dan Penerapan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP Pada Koperasi Di Kota Palembang,” Akuntansi dan Manajemen 14, no. 2 , hlm. 120.

Sholihah Sari Rahayu, Aam Slamet Rusydiana, Mochamad AE Dunuraeni. (2020). “Meta Analysis of Pesantren’s Economic Research.” International Journal of Nusantara Islam 8(1): 42–56. https://core.ac.uk/download/pdf/326768118.pdf.

Suharto, and Muhammad Iqbal Fasa. 2018. “Model Pengembangan Manajemen Bisnis Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Indonesia.” Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam 3(2): 92–110.

https://www.kompasiana.com/kevinzain0840/62c58774297d685947244232/bagaimana-strategi-mengoptimalkan-koperasi-syariah-dan-bmt-di-indonesia

https://umj.ac.id

https://lp2m.uma.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ