PENYULUHAN DAN CEK KESEHATAN TEKANAN DARAH DAN GULA DARAH “PEKAN TERARAH” DI RW 016 KAMPUNG GUNUNG, KELURAHAN JOMBANG, CIPUTAT, TANGERANG SELATAN

Dalila Eka Saffanah, Geia CVelia Al'Ariq, Miska Hairani Sipahutar, Nur Romdhona

Abstract


Kuliah Kerja Nyata telah dilaksanakan di RW 016 Kampung Gunung, Kel. Jombang, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, pada tanggal 06 Agustus 2022. Program kerja yang diberikan mengenai kesehatan pada lansia penyuluhan, Cek Kesehatan Tekanan Darah dan Gula Darah secara gratis. Kesehatan warga menjadi salah satu tujuan utama pelaksanaan KKN guna meningkatkan kualitas kesehatan pada individual dan meningkatan pengetahuan yang berkaitan dengan batasan normal tekanan darah dan gula darah, etiologi, gejala dan komplikasi serta pencegahan. Metode yang digunakan program kegiatan ini menggunakan 2 metode yaitu penyuluhan dan pemeriksaan dini. Hasil yang dicapai dari program Pekan Terarah diantaranya yaitu mengembangkan kesehatan masyarakat dan menambah pengetahuan melalui informasi tentang tekanan darah dan glukosa darah khusunya pada pralansia guna meningkatkan kesadaran warga bahwa kesehatan itu penting. Program Pekan Terarah juga dilaksanakan untuk menumbuh-kembangkan sumber pengetahuan pralansia yang berkualitas sejak dini. 


Full Text:

PDF

References


Rochmah, W.Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam: Diabetes Mellitus pada Usia Lanjut, Edisi Keempat, Pusat Penerbitan IPD FKUI, Jakarta, 2007.

Syardiansah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1 (2019): 57.

Afifah, Anisatun Nur, Annisa Ul Muthohharoh A P, Bunga Aulia Hasnandya, Jannatun Makwa, Khoirul Azis, M Ulin Nuha, Meliya Susanti, Mia Permata Sari, Muhammad Azmi Zain W, and Shohibul Maqom. “Peran KKN Dalam Pembangunan Masyarakat : Pelaksanaan Sosialisasi Zakat Produktif Sebagai Sarana Untuk Mengaktifkan Kembali Organisasi Badan Amil Zakat” 1, no. 2005 (2019): 193–195.

Anggraini, R. B., and Nurvinanda, R. (2020). Skrining Kesehatan Tentang Hipertensi, Kolestrol Dan Diabetes Militus Di Desa Cengkong Abang Kabupaten Bangka. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.3:2, pp.346-351.

Berawi, K. N., and Asvita, S. M.( 2016). Efektivitas Terong Belanda untuk Menurunkan Kadar Glukosa dan Kolesterol LDL Darah pada Pasien Obesitas. Medical Journal Of Lampung University, Vol.5:1, pp.102-106


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ