EDUKASI RAMBU LALU LINTAS SERTA BAHAYA MEROKOK DAN BAHAYA NARKOTIKA GUNA MENCIPTAKAN KETERTIBAN HUKUM DAN MENYELAMATKAN GENERASI ANAK BANGSA

Fadly Wijaya, Natasya Trizela, Indah Meilina, M. W.Farhan Cautsar, Muhammad Rizki Fauzan Hermawan, Donny Kurniawan

Abstract


Rokok merupakan zat psikoaktif berbahaya yang mengandung 4000 zat kimia, dan 20 macam diantaranya adalah racun yang mematikan. Asap rokok bukan saja memberikan dampak buruk bagi perokok, melainkan juga bagi orang lain yang menghisap asap tersebut tanpa dirinya sendiri merokok (perokok pasif). Perokok pasif dan anak-anak mempunyai resiko lebih tinggi untuk terkena infeksi telinga dan sindroma kematian bayi mendadak. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kadar bahan berbahaya dari asap yang keluar, ternyata lebih tinggi dibandingkan asap yang dihisap perokok. Perokok di Indonesia terbilang belum ada penurunan ditiap tahunnya. Menurut data dari hasil Riset Kesehatam Dasar (Riskesdas) 2013 yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan RI, jumlah perokok di Indonesia cenderung meningkat. Tercatat pada tahun 2007 jumlah perokok di Indonesia sebesar 34,2%, tahun 2010 sebesar 34,7% dan meningkat lagi pada tahun 2013 menjadi 36,3%. Sekitar 70% perokok di Indonesia memulai kebiasaannya merokok sebelum berumur 19 tahun karena adanya dorongan dari dalam diri mereka yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, mereka selalu ingin tahu bagaimana hal tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri atau sebaliknya dan mereka menunjukan keingintahuan mereka dengan melakukan suatu percobaan untuk merokok. Karena itulah, masa remaja sering kali dianggap masa kritis yang menentukan apakah nantinya mereka menjadi perokok atau bukan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman H, purba ulina jem dan kawan-kawan. hubungan mencari sensasi dengan perilaku pengendara beresiko pada remaja. 2017;2015:2016-2019

Alamsyah & Mayasari, R. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan Merokok dan Hubungannya dengan Status Penyakit Periodontal Remaja di Kota Medan Tahun 2007. Tesis, Universitas Sumatra Utara

Arumeswari, R.P.F. & Bhinnety, M. (2009). Hubungan antara Persepsi Iklim Keselamatan dengan Kepatuhan Peraturan Keselamatan Lalu-lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Kampus UGM. National Conference on Applied Ergonomics (hal. 69-76). Yogyakarta: Laboratorium Ergonomi Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada.

Depkes 2011. Informasi tentang Penanggulangan Masalah Merokok Melalui Radio. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan.

Prasetyo, T. F., Idrus, M., & Yuliani, M. S. S. 2018. Sistem Pakar Pelayanan dan Penyalahgunaan Narkoba. INFOTECH Journal, 4(1), 16-19.

Salehudin, Ahmad.” Pelaksanaan KKN Berparadigma Integrasi-Interkoneksi dalam Menopang Transformasi Masyarakat (Sebuah Rintisan Pendekatan Participatory Action Research).” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama16.2 (2017).

Syardiansah, S., 2019. PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), pp.57-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ