UPAYA PENINGKATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DI SEKOLAH MASTER DEPOK INDONESIA

Muhammad Zidan Sulaksana, Naufal Hibatullah, Alfania Safitri, Ummul Habibah Hasyim, Irfan Purnawan

Abstract


Anak sekolah merupakan salah satu sasaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Institusi Pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian. PHBS sendiri merupakan suatu perilaku baik yang harus dibangun dan dijadikan prinsip untuk membentuk individu atau kelompok agar dapat menyelamatkan dirinya dan masyarakat dari berbagai penyakit yang mungkin timbul dari lingkungan. Penyakit yang mungkin dapat menjangkit anak pada usia  sekolah  adalah: diare, cacingan, karies, dan anemia. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu gerakan mencuci tangan menggunakan sabun yang merupakan salah satu upaya pencegahan dalam penularan penyakit. Cuci tangan pakai sabun juga dapat membunuh kuman sebanyak 73%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Mengenai Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SMP di Sekolah Master Depok. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif, dengan jumlah populasi penelitian adalah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2022. Hasil analisis menunjukkan adanya pemahaman siswa SMP terkait CTPS dan PHBS, kesimpulan nya dari penelitian ini adalah pelaksanaan  PHBS  di  SMP Master Indonesia Depok  masih mencapai 50%, sehingga pihak sekolah perlu memberikan upaya promotif dan menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan.

Full Text:

PDF

References


Amelia Eliza Putri, R. T. (2022). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH. Jurnal Kebidanan Indonesia, 38-50.

Desiyanto, F. A. (2013). Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 75-82.

Feby Elvira, Z. F. (2021). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pemberian Vitamin untuk Anak-Anak. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 173-179.

Murwanto, B. (2017). Faktor Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SMP. Jurnal Kesehatan, 269-276.

Supriyatno, M. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah. Senayan, Jakarta : Direktorat Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ