PENGEMBANGAN UMKM DENGAN DIGITALISASI DI KOMPLEK KIMIA FARMA HANKAM (CILEDUG)

Authors

  • Muhammad Yuda Pratama Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sri Nadya Nurviani Administrasi Publik, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Danar Ananta Daniswaea Administrasi Publik, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Azhar Syuhada Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rachmadi Srnop Hartanto Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Syifa Astasia Utari Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Dalam UMKM di era saat ini seharusnya sudah memiliki sifat digitalisasi, makadari itu kami membantu mitra tersebut untuk mempromosikan produk melalui media sosial dan juga mencetak banner serta mengupload bagaimana tata cara membuat produk tersebut di media sosial. Metode pelaksanaan kami dengan cara membantu menyebarluaskan produk tersebut di media sosial kami masing masing secara terus menerus agar menambah customer setiap harinya. Hasil dari kegiatan kami tersebut setelah melakukan berbagai cara, bisa terbilang per hari memiliki pelanggan 2 sampai 3 pelanggan dan per minggu bisa mencapai 8 sampai 10 pelanggan, untuk target market dari Wardani Seserahan ini ialah semua gender dari umur 25-35 yang dimana merupakan usia bila di Indonesia pada umumnya melaksanakan pernikahan, selain jasa wardani seserahan juga menargetkan konsumen yang memiliki gaya hidup yang kekinian sehingga ingin membuat seserahan dalam acara pernikahan lebih menarik juga indah dipandang.

Author Biographies

Muhammad Yuda Pratama, Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sri Nadya Nurviani, Administrasi Publik, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Administrasi Publik, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Danar Ananta Daniswaea, Administrasi Publik, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Administrasi Publik, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Azhar Syuhada, Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rachmadi Srnop Hartanto, Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Syifa Astasia Utari, Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Feni, d. (n.d.). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL DAN POTENSI INTERNAL. Jurnal Administrasi Publik.

Halim, A. (2020). PENGARUH PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MAMUJU. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan Vol. 1, No. 2.

Mulyasari, Y. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM. Jurnal Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Vol. 9, No. 1.

Rahmini, S. Y. (2017). PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA. Jurnal Administrasi Publik.

Sofyantoro, N. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, dan Inovasi Daerah.

Wahyuni, V. (2020). DIGITALISASI UMKM SEBAGAI HASIL INOVASI DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SAHABAT UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Komunikasi.

Downloads

Published

2022-10-26