SOSIALISASI DAN EDUKASI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN BINTARO 04 PAGI

Fauzan Ravif, Aditya Rezki Sudaryana, Ayu Nissa Hana Alifah, Aby Maulana

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan memilih tema yang menarik perhatian masyarakat saat ini, termasuk di kalangan pelajar yaitu tentang “Pembentukan Karakter Yang Mandiri dan Anti Korupsi”. Maraknya kasus korupsi yang sedang terjadi di Indonesia mendorong Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk memberikan pengetahuan tentang korupsi dan penerapan nilai-nilai anti korupsi dengan tujuan memberi pendidikan mengenai korupsi di kalangan pelajar, serta mencegah terjadinya korupsi sejak dini. Salah satu yang dapat dilakukan adalah melakukan sosialisasi mengenai bahaya korupsi sejak dini. Anak-anak khususnya anak-anak di Sekolah Dasar Negeri Bintaro 04 Pagi masih memiliki kesempatan untuk dapat membentuk karakter yang anti akan korupsi. Melalui kegiatan sosialisasi ini yang di laksanakan bagi pelajar Sekolah Dasar Negeri Bintaro 04 Pagi, karena memang belum pernah dilakukan kegiatan sosialisasi dengan tema ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini akan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang korupsi dan bisa memberikan dampak jika terjadi perbuatan korupsi termasuk di kalangan pelajar dan menerapkan nilai-nilai anti korupsi di kehidupan sehari-hari. Dengan pengetahuan dan pemahaman yang didapat tentang anti korupsi, maka para pelajar dapat mencegah diri untuk tidak ikut melakukan perbuatan korupsi. Sehingga melalui pengetahuan yang di peroleh dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, bisa disosialisasikan juga kepada pelajar lainnya yang belum berkesempatan ikut secara langsung kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, dan memperoleh wawasan yang sama tentang pentingnya pendidikan anti korupsi di kalangan pelajar.


Full Text:

PDF

References


Evans, Kevin, 2009., Sistem Pencegahan Korupsi Pada Upaya Penanggulangan Bencana Alam, Dalam Korupsi Mengorupsi Indonesia, Sebab, Akibat, dan Prospek Pemberantasan, Wijayanto, Ridwan Zachrie (Ed), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fadhilah, Nur. Risdawati. Asrafiani. 2010. Sosio Drama Sebagai Model Pendidikan Anti Korupsi Bagi Anak Usia Dini. Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Loso. (2010). Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Budaya Korupsi melalui Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah dalam Upaya Menciptakan Generasi Muda yang Anti Korupsi di SDN 04 Bintaro. Pekalongan: Fakultas Ilmu Hukum UNIKAL: Jurnal Pena Vol. 19,No 2. 145.

Pradiptyo. Rinawan, 2009., Korupsi di Indonesia, Perspektif Ilmu Ekonomi. Dalam Korupsi Mengorupsi Indonesia, Sebab, Akibat, dan Prospek Pemberantasan. Ed. Wijayanto, Ridwan Zachrie (Ed). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Vrushi, J. (2020). CITIZENS’ VIEWS AND EXPERIENCES OF CORRUPTION. www.transparency.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ