EDUKASI HUKUM TERHADAP ANAK DAN PEREMPUAN TERKAIT KEKERASAN SEKSUAL

Fathul Aulia Iskandar, Abdul Aziz Pamungkas, Fara Ardhika Divayana, Djoni Gunanto

Abstract


Kekerasan seksual adalah segala perbuatan yang menghina, melecehkan, merendahkan, atau menyerang tubuh, dan fungsi reproduksi seseorang, karena adanya ketimpangan relasi kuasa atau gender, dan dapat mengakibatkan penderitaan psikis dan fisik seseorang. Fenomena kekerasan seksual setiap tahunnya mengalami peningkatan, korbannya tidak hanya kalangan perempuan dewasa saja tetapi sudah merambah ke anak-anak. Dan kebanyakan pelaku kekerasan seksual tersebut berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, lembaga pendidikan, dan lingkungan sosial anak. Untuk menimalisir terjadinya kekerasan seksual pada anak dan perempuan, tim 3 dari kelompok KKN 47 Universitas Muhammadiyah Jakarta berupaya melakukan penyuluhan hukum dengan pemberian edukasi mengenai kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode terjun langsung dilapangan bertujuan agar bisa lebih efektif dilakukan secara langsung kepada mitra yang dituju, sehingga mampu mendapatkan timbal balik dan pengalaman bagi mitra pun juga efektif. Hasil dari pengabdian masyarakat ini, dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan serta lebih peduli terhadap kesadaran bahwa kekerasan seksual dapat terjadi kapan dan dimana saja.


Full Text:

PDF

References


Noviana, I. (2015). Kekerasan seksual terhadap anak: dampak dan penanganannya. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 1(1).

Muhid, A., Fauziyah, N., Khariroh, L. M., & Andiarna, F. (2019). Quality of life perempuan penyintas kekerasan seksual: studi kualitatif. Journal of Health Science and Prevention, 3(1), 47-55.

Siregar, E., Rakhmawaty, D., & Siregar, Z. A. (2020). Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan: Realitas Dan Hukum. PROGRESIF: Jurnal Hukum, 14(1).

Databoks Kadata, Perkosaan Dominasi Kasus Kekerasan Seksual terhadap Perempuan Sepanjang 2021. Retrieved 15 Agustus 2022. Website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/09/perkosaan-dominasi-kasus-kekerasan-seksual-terhadap-perempuan-sepanjang-2021

Nasional Kompas, KemenPPPA: 797 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual Sepanjang Januari 2022. Retrieved 15 Agustus 2022. Website: https://nasional.kompas.com/read/2022/03/04/17062911/kemenpppa-797-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual-sepanjang-januari-2022?page=all


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ