MEMBENTUK KREATIVITAS DAN KARAKTER ANAK MELALUI PERKENALAN LINGKUNGAN DI PAUD DARUL FATTAH

Salwa khoirunnisa, Farhan Fajrur Rahman, Insyani Hayati, Muhamad Rachmat, R Hiru Muhammad

Abstract


Program yang dilaksanakan ini sebagai impelementasi ilmu yang telah diambil selama mengikuti perkuliahan, baik melalui kegiatan akademik, maupun kegiatan dari organisasi. Mahasiswa peserta KKN-UMJ dapat menjadi sumber inovator dan motivator yang akan memberikan pengaruh positif dan aktif dalam pengembangan masyarakat, sehingga kedepannya mahasiswa peserta KKN-UMJ memberikan kesan baru di dalam lingkungan masyarakat baik itu kelurahan, desa ataupun kecamatan tempat pelaksanaan KKN secara positif. Pelaksanaan KKN diharapkan dapat meningkatnya empati mahasiswa dan dapat memberikan sumbangan pikiran yang kreatif dan bekerja secara aktif dalam problematika yang terjadi di masyarakat. Selain itu KKN menjadi bagian intergral dari kurikulum program studi yang dapat meningkatkan kecerdasan, intelektual dan dampak sosial. Pelaksanaan KKN disiapkan untuk mengembangkan soft skill melalui terjun secara langsung kepada masyarakat. Sistematika pelaksanaan pada PAUD Darul Fattah di wilayah RT 01 RW 06 Desa Mekarjaya Kecamatan Rumpin Bogor, pada wilayah tersebut masih banyak warga yang kurangnya pemahaman terhadap perbedaan sampah organik dan non-organik. Masih banyak warga yang membuang sampah dengan sembarangan dan membakar sampah menjadi tradisi dalam menyelesaikan persoalan sampah yang menumpuk. Alasan mengapa kami memilih program “Pembuatan Kerajinan Tempah Sampah dari Galon Bekas” sebagai program yang kami jalani agar masyarakat mengetahui bagaimana pemilahan sampah yang

benar serta menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Program pembuatan kerajinan tempat sampah ini tidak hanya mengajarkan warga untuk memanfaatkan barang bekas tetapi memberikan pemahaman melalui materi tentang lingkungan serta perbedaan sampah organik dan non-organik. Tidak hanya para orang tua akan tetapi pendidikan mengenai lingkungan juga difokuskan kepada anak usia dini agar tertanamnya rasa kepedulian terhadap lingkungan dan melatih daya motorik anak. Keterkaitan antara program dengan partisipasi masyarakat sangat penting karena untuk mendukung dan mensukseskan program ini, maka dari itu perlu adanya kontribusi dari masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Agus Taufiq, M. F. (2015, Januari). SOSIALISASI SAMPAH ORGANIK DAN NON ORGANIK SERTA PELATIHAN KREASI SAMPAH. SOSIALISASI SAMPAH ORGANIK DAN NON ORGANIK SERTA PELATIHAN KREASI SAMPAH, IV(1), 68-73.

Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 565-575.

Sri Anastasia Yudistirani, L. S. (2015). DESAIN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIKBERDASARKAN PERSEPSI IBU -IBU RUMAH TANGGA. DESAIN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIKBERDASARKAN PERSEPSI IBU -IBU RUMAH TANGGA, IV(2), 29-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ