BELAJAR CERIA BERSAMA ANAK-ANAK DI RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK (RPTRA) PINANG INDAH

Authors

  • M. Yudi Firdaus Pamungkas Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rany Syaamila Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Suci Khoerunisa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lilik Sumarni Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta (KKN-UMJ) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Catur Dharma perguruan tinggi Muhamamdiyah. KKN-UMJ merupakan mata kuliah wajib, yang tercantum dalam kurikulum Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan harus ditempuh oleh semua mahasiswa program strata-1 (S1). RPTRA Pinang Indah merupakan tempat yang dijadikan sebagai sasaran dalam melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Permasalahan mitra yang terjadi adalah kurangnya bimbingan orang tua terhadap anak. Adapun perencanaan program yang ingin diterapkan dalam masalah tersebut adalah dengan mengembangkan bakat anak dengan kreatif dan inovatif yang dimiliki supaya dapat mengetahui dan memahami bakat mereka dari kecil. Anak adalah individu yang unik dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Perbedaan kemapuan harus diketahui oleh setiap pengajar agar mudah menentukan cara atau strategi dalam mengajar untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan. Belajar merupakan berubah, yaitu usaha mengubah tingkah laku. Jadi belajar akan membawa suatu perubahan pada individu-individu yang belajar. Perubahan tidak hanya berkaiatan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga dalam bentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak dan penyesuaian diri. Sehingga dapat dikatakan juga belajar sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga, psiko-fisik untuk menuju ke perkembangan pribadi manusia seutuhnya, yang berarti menyangkut unsur cipta, rasa dan karsa, ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Author Biographies

M. Yudi Firdaus Pamungkas, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rany Syaamila, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Suci Khoerunisa, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Lilik Sumarni, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Aswan, “Strategi Pembelajaran berbasis edisi revisi PAIKEM”, Banjarmasin: Aswaja Pressindo, hal: 43.

Baharuddin dan Wahyuni, E. N., (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2007), h.16.Nasution, S., Didaktik Asas-asas Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000), h. 34

Nuridin Abdullah, Artikel dengan judul “ JAKARTA TEMPO DOELOE: Ini Asal-Usul Nama Pondok Pinang, Jakarta Selatan.”

Pedoman Kuliah Kerja Nyata, Universitas Muhammdiyah Jakarta, 2022

Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–30.

Purwanto, M. N., Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007), h. 85

Sudjana, N, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008), h.46

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017).

Surachmad, W., Metodologi Pengajaran Nasional, (Bandung: Jemmars, tt), h.49

Syah, M., Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakaraya, 2008), h. 113.

Downloads

Published

2022-10-26