EDUKASI MENGENAI PROSES PENANAMAN KACANG HIJAU PADA PESERTA DIDIK PAUD KB NURUL IKHLAS, JL. PONDOK PETIR, BOJONGSARI KOTA DEPOK

Thomas Bagus Arlino, Muhammad Nazri Haikal, Budiman Budiman

Abstract


KB Nurul Ikhlas didirikan ada tahun 2007 dipimpin oleh Bapak Muhammad Jamaludin dari tahun 2007 sampai dengan sekarang. KB Nurul Ikhlas didirikan dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan serta memberi kesempatanbelajar kepada anak usia dini di kelurahan Pondok Petir khususnya bagi warga yang tidak mampu. Saat ini KB Nurul Ikhlas sudah memiliki izin operasional dari Diknas Kota Depok dengan Nomor : 421.1/0116/DPMPTSP/IX/2019 dan berdasarkan akta notaris no: 04-2015 – Men Kum Ham No. Ahu. 001506. AH.01.04. TH 2015 Serta terakreditasi B pada tahun 2016. Mengenalkan proses penanaman tumbuhan kepada anak usia dini memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kepribadian anak kedepannya. Salah duanya yaitu mengajarkan anak akan pentingnya tangggung jawab. Pasalnya, menanam tumbuhan adalah kegiatan berkelanjutan. Anak akan diajarkan bahwa setelah menanam bibit, mereka harus merawatnya secara telaten sampai tiba waktunya panen. Agar menumbuhkan hasil, maka bibit yang telah ditanam perlu dirawat sedemikian rupa dan tidak bisa ditimbulkan begitu saja. Manfaat selanjutnya ialah meningkatkan meningkatkan memori dan fokus. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health, anak yang menunjukkan kecenderungan ADHD bisa lebih fokus saat berada di taman atau ruang outdoor serba hijau. Selain itu, berkebun juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan kognitif anak usia dini. Pasalnya berkebun termasuk pekerjaan yang cukup kompleks sehingga membantu anak untuk tetap tenang dan fokus.


Full Text:

PDF

References


Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(5).

http://pkkseiagul.pemkomedan.go.id/layanan/paud-melati-1-belajar-menanam-tauge-secara-hidroponik/

Jihara Mafaza (2016). Aku Suka Berkebun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ