SOSIALISASI PENCEGAHAN NARKOBA PADA REMAJA

Savira Ratna Ananda, Wardatul Muqoddasah, Achmad Aditya Putra, Nani Nurani Muksin

Abstract


Narkotika merupakan suatu bahan yang menghilangkan rasa nyeri, mengumpulkan rasa, dan membuat pemakainya ketergantungan. Penyalahgunaan narkotika saat ini banyak ditemukan pada usia remaja menengah. Perkembangan yang begitu pesat membuat hal ini harus segera diatasi. Dampak yang ditimbulkan pada penyalahgunaan narkotika sangat merugikan bangsa terlebih pada kaum muda yang akan menjadi penerus bangsa. Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan oleh narasumber dari Badan Narkotika Nasional Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan media berupa powerpoint dan proyektor. Informasi yang disampaikan berupa pengertian narkotika, jenis-jenis narkotika, ciri-ciri orang yang menggunakan narkotika, dan dampak dari penggunaan narkotika. Manfaat dari program Sosialisasi Pencegahan Narkotika bagi siswa-siswi SMP IT Cahaya Islam, yaitu diharapkan para siswa ikut peduli tentang masalah narkoba dan bisa memberikan contoh yang baik bagi teman- teman yang lain dan juga masyarakat di sekitar. Selain itu, manfaat dari sosialisasi ini menjadikan bekal bagi siswa untuk menumbuhkan sikap 3 berani. Diantaranya yaitu berani menolak, berani melapor dan berani rehabilitasi, serta meningkatkan kewaspadaan penyalahgunaan di lingkungan sekitar sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitar.


Full Text:

PDF

References


Hayyun, N. A. S. (2021). Artikel Pengaruh Narkoba Bagi Remaja.

Hariyanto, B. P. (2018). Pencegahan dan Pemberantasan peredaran narkoba di Indonesia. Jurnal Daulat Hukum, 1(1).

Rasyid, R., Agustang, A., Maru, R., Agustang,

A. T. P., & Sudjud, S. (2020). Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Pelajar Smp Negeri 6 Duampanua Kabupaten Pinrang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 116-123.

Darwis, A., Dalimunthe, G. I., & Riadi, S. (2017). Narkoba, Bahaya Dan Cara Mengantisipasinya. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-45.

Karo-Karo, A. A. P., & Wibowo, R. (2018). Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani.

Strategi Komunikasi, B. N. N. (2013). Strategi Komunikasi BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Samarinda Dalam Mensosialisasikan Bahaya Narkoba.

Murtiwidayanti, S. Y. (2018). Sikap dan kepedulian remaja dalam Penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(1), 47- 60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ