MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI PUBLIC SPEAKING BAGI ANAK PANTI ASUHAN WISMA KARYA BAKTI

Dhea Anggriani, Naila Waliya Hamima, Kisma Farah Laili Azka, Nanda Saputra Umara

Abstract


Keterampilan dalam berbicara dan rasa percaya diri pada dasarnya bukan sebuah pemberian melainkan bakat yang ada pada diri setiap manusia dimana hal tersebut dapat dikembangkan melalui pelatihan. Public Speaking merupakan sebuah soft skills seni berkomunikasi yang mengajarkan mengenai keterampilan berbicara di depan umum. Keterampilan public speaking ini sangat bermanfaat bagi anak anak dalam pengembangan diri. Namun masih banyak anak yang merasa tidak percaya diri, tidak menguasi materi bahkan tidak mengetahui bagaimana caranya. Oleh sebab itu keterampilan public speaking pada anak harus dimulai sejak dini agar dapat dikembangkan secara terus menerus untuk kedepannya. Hal tersebut menjadi dasar dilaksanakannya program Kuliah Kerja Nyata yang di ikuti oleh 49 anak siswa dan siswi SMP dalam Panti Asuhan Wisma Karya Bakti. Program dikemas dalam bentuk pelatihan dengan tujuan untuk membangun keterampilan berbicara serta percaya diri untuk berbicara di depan umum, memahami materi yang telah disampaikan hingga mampu mempraktikkan public speaking yang baik dan benar. Pelatihan dilakukan di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti sendiri selama satu hari. Selama pelatihan anak anak akan diberikan materi mengenai public speaking, serta praktik secara langsung. Pelaksanaan program mulai dari tahap observasi awal, orientasi, pemberian materi, praktik hingga evaluasi. Hasil dari pelatihan dinilai baik melihat dari antusiasme anak anak untuk belajar serta mau mencoba untuk melakukan praktik di depan dengan percaya diri.


Full Text:

PDF

References


Dyah, N., Indri K., Rr. Festi. H. K., & Larasati. (2012). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-9. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/246/214.

Bunga, A., Merliana Nur, K., & Pramudita Nugraha, A., K. (2020). Pelatihan Dasar Public Speaking Untuk Mengembangkan Keterampilan Penyampaian Informasi dan Kepercayaan Diri Bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 71-84. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JLS/article/view/7007/pdf.

Prita S., Nurcandrani, Bunga Asriandhini, Ade Tuti. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Abdi MOESTOPO, 3(1), 27-32. Retrieved from https://journal.moestopo.ac.id/index.php/abdimoestopo/article/view/979.

Noer, M. (2017). Mengasah Kemampuan Public Speaking. Retrieved from Presentasi Net website: https://www.presentasi.net/author/noerpresadm/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ