PANEN PERTANIAN KWT BELIMBING PARUNG SERAB, CILEDUG, TANGERANG

Retno Wahyuni, Muhammad Nevo Bizaro Riyanto, Dea Rizka Nurkumala, Lisa Sapitri, M Rusdi Daud

Abstract


KWT merupakan kelompok swadaya yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat. Kelompok Wanita tani dijadikan sebagai wadah belajar mengajar bagi setiap anggotanya untuk menigkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar tumbuh dan berkembang menjadi usaha tani yang mandiri melalui pemanfaatan dan akses kepada sumber informasi dan teknologi yang ada. Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu wadah bagi para petani wanita, KWT berbeda dengan kelompok tani lainnya, dalam pembinaannya KWT diarahkan untuk mempunyai suatu usaha produktif dalam skala rumah tangga yang memanfaatkan atau mengolah hasil-hasil pertanian maupun perikanan. KWT Belimbing merupakan perkumpulan yang tidak hanya sebagai tempat untuk berkumpul, melainkan juga sebagai wahana untuk belajar dan juga bertukar pikiran sesame anggota dalam menghadapi permasalah di sektor pertanian. Hingga saat ini tercatat lebih dari 10 orang ibu rumah tangga yang berada di Kawasan Gang Hj Umar, Parung Serab telah menjadi anggota KWT Belimbing. Dengan banyaknya anggota di KWT ini membuktikan bahwa ibu-ibu rumah tangga di kwasan tersebut tidak hanya berfokus pada tugasnya sebagai ibu rumah tangga saja, tetapi juga berpartisipasi dalam kegiatan lainnya yang bermanfaat.


Full Text:

PDF

References


Koesnadi Hardjasoemantri, “Peran Pemuda Pelajar Indonesia Dałam Perjuangan Bangsa" dałam Jurnal Sejarah, Vol. 13, No. 13 (Yogyakarta Yayasan Masyarakat Sejarawan indonesia & Yot 2007). hlm. 8

Taufik Abdullah (ed.), Pemuda dan Perubahan Sosial (Jakarta : LP3ES, 1987). Hlm.4.

Dwi Iriani Margayaningsih. (2021). “Peran Kelompok Wanita Tani Di Era Milenial”. Publiciana, 13(1), 52- 64.

Yudia Anggun Kirana, Irwan Effendi, Serly Silviyanti. 2018. “Peranan Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Dalam Mewujudkan Desa Argowisata Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran”. Vol. 6, No. 4.

Diskominfo Kota Tangerang. 2017-2022. “Statistik Kota Tangerang” (https://statistik.tangerangkota.go.id) diakses pada 15 Agustus 2022.

Biro Pemkesra Provisi Banten. (https://biropemkesra.bantenprov.go.id/) diakses pada 15 Agustus 2022. Wikipedia. 20220. “Parung Serab, Ciledug, Tangerang”

(https://id.wikipedia.org/wiki/Parung_Serab,_Ciledug,_Tangerang ) diakses pada 15 Agustus 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ