PUZZLE FIBER MESOCARP KELAPA SAWIT SEBAGAI PERMAINAN EDUKASI TUMBUH KEMBANG ANAK BALITA

Istianto Budhi Rahardja, Aditya Nugraha, Anwar Ilmar Ramadhan, Rulan Dinary, Wahyu Pribadi

Abstract


Puzzle sebagai alat bermain anak untuk memberikan kreatif anak dan tumbuh kembang anak secara emosional dan motorik. Proses pembuatan puzzle adalah mempergunakan bahan limbah proses pemerasan mesocarp kelapa sawit berupa fiber (serabut). Serabut mesocarp merupakan limbah produksi sawit berbentuk solid dan dipergunakan sebagai bahan bakar boiler untuk menghasilkan panas dan uap. Hasil pembakaran berbentuk panas, abu, gas asap.  Fiber yang akan dipergunakan adalah berbentuk serbuk, dimana diproses terlebih dahulu untuk mengahaluskan fiber. Setelah menjadi serbuk, fiber mesocarp di campurkan dengan zat additive (resin) untuk merekatkan/menggabungkan dengan pola yang telah ditentukan (persegi 20 cm x 30 cm). Setelah dicetak dan kering, maka dibuat pola puzzle yang telah dibuat/tentukan. Proses pembuatannya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu cukup lama (24 jam). Puzzle yang terbentuk dari fiber mesocarp kelapa sawit berbentuk persegi dan berwarna coklat gelap. Bentuk persegi yang terbentuk dengan keras sempurna, mengiklap (glow), tidak mudah rusak/patah (tidak seperti puzzle pada umumnya yang terbuat dari kertas, kayu) dapat diaplikasikan sebagai permainan edukasi tumbuh kembang anak balita yang dapat memacu terhadap emosi dan motorik.


Full Text:

PDF

References


Chusairi, A., & Hamidah, T. L. (2012). Efektivitas terapi bermain sosial untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sosial bagi anak dengan gangguan autism. Jurnal Ilmiah. http://Journal. unair. ac. id.

Hambali E A Thahar and A Komarudin (2010). The Potential of Oil Palm and Rice Biomass as Bioenergy Feedstock 7th Biomass Asia Workshop 2010, Jakarta Indonesia

Herman, R., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan Permainan Puzzle untuk Bacaan Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(1), 314-321.

https://www.alatuji.com/article/detail/655/metode-pengukuran-durometer, 22 Agustus 2022.

Irawan Budi Susilo, M. N., & Dewi, R. (2018). Pelatihan Bagi Orangtua Murid Paud Dalam Mengatasi Anak Yang Lekat Dengan Gawai Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga.

Maulana, M. P. I. M., Budiyantoro, C., & Sosiati, H. (2017). Optimalisasi Parameter Proses Injeksi Pada Absrecycle Material Untuk Memperoleh Minimum Shrinkage Longitudinal Dan Tranversal. JMPM (Jurnal Material dan Proses Manufaktur), 1(1), 1-10.

Nahdiat, B.N. (2021), 7 Permainan yang dapat menigkatkan kecerdasan anak selama di rumah, m.fimela.com.

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710-718.

Rahardja, I. B., & Paryatmo, W. (2017). Analisa Dan Optimasi Sistem Pltgu Biomassa Gas Metan Dengan Daya 20 Mw. Jurnal Teknologi, 9(2), 65-76.

Rahardja, I. B., Mahfud, A., & Bawana, P. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Boiler 20 Ton Uap/Jam Terhadap Kenaikan Kapasitas Pabrik 40 Ton/Jam Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) XYZ. Jurnal Teknologi, 13(2), 227-236.

Rahardja, I. B., Rikman, R., & Ramadhan, A. I. (2018). Analysis of Heat Transfer of Fiber Mesocarp of Palm Oil (Elaeis Guineensis Jacq) as Roof Building. Journal of Applied Sciences and Advanced Technology, 1(1), 1-8.

Sama'ah, K. H. O. L. I. L. I. S., & Lifianthi, L. (2022). Manajemen Rantai Pasok Dan Nilai Tambah Pada Pengolahan Minyak Goreng Kelapa Sawit (Studi Kasus Di Pt Tunas Baru Lampung, Tbk) Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).

Yuriastien, E., Psi, S., Psi, S., & KM, S. (2009). Games Therapy untuk Kecerdasan Bayi & Balita. WahyuMedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ