EDUKASI SIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH MASTER INDONESIA, DEPOK

Siti Ashmaraji Darmawan, Ummu Kulsum, Muhammad Ivan Octaviansyah, Ummul Habibah Hasyim

Abstract


World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa Indicator Health Global Goal tentang status 3 kesehatan gigi dan mulut adalah memelihara kesehatan gigi dan mulut dari sejak masa kanak-kanak, remaja hingga lansia.  Kesehatan gigi dan mulut pada anak akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang gigi mereka. Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan pemberian edukasi mengenai tatacara sikat gigi yang baik dan benar. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh penulis yaitu melakukan edukasi mengenai cara sikat gigi yang baik dan benar dan pengetahuan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bertempat di Sekolah Master Indonesia, Depok, Jawa Barat.  Pemateri pada kegiatan ini adalah Mahasiswa pelaksana program.Peserta dari kegiatan ini adalah siswa/i kelas 1 Sekolah Dasar, Sekolah Master Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/i kelas 1 Sekolah Dasar Sekolah master dalam pengetahuannya mengenai pentingnya sikat gigi dan tatacara sikat gigi yang baik dan benar.

Full Text:

PDF

References


Chrismilasari, L. A., Gabrilinda, Y. and Martini, M. (2019) ‘Penyuluhan Menggosok Gigi pada Anak Sekolah Dasar Teluk II Banjarmasin’, Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM), 1(2), pp. 91–97.

Khayati, Y. N. et al. (2020) ‘Edukasi Gosok Gigi yang Baik dan Benar Untuk Anak Balita’, Indonesian Journal of Community Empowerment (Ijce), 2(2), pp. 104–108. doi: 10.35473/ijce.v2i2.756.

Mei Adelina Harahap, M. (2022) ‘PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SIKAT GIGI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa ( JPMA ), 4(1), pp. 34–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ