MODIFIKASI PERILAKU TERHADAP ANAK UNTUK MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE, KAMPUNG BOJONG, RENGAS.

Ahmadin Ahmadin, Anrian Muhammad, Khoerisa Rizkia, Ummi Latifah, Makroen Sanjaya

Abstract


Permasalahan akses jalan yang terpisah antar wilayah di Kampung Bojong, Rengas terjadi karena adanya Jalan W.R Suptaman, Ciputat Timur yang menjadi pemisah antar RT membuat Pemberdayaan di Kampung Bojong RT 001 ini menghadapi suatu kondisi di Perimana kurangnya perhatian dari luar, karena berada di wilayah pemukiman yang cukup sulit dijangkau. Sehingga dilihat dari kondisinya juga sangat memprihatinkan karna banyaknya anak-anak yang cukup dibiarkan dalam bermain Gadget, bahkan hingga larut malam sekalipun. Dalam era globalisasi yang menuntut manusia untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, tentunya dapat  mempengaruhi pola perilaku manusia. Beragam permasalahan yang terjadi tidak  menutup kemungkinan memunculkan perilaku yang maladaptif. Tentunya hal ini memerlukan suatu penanganan yang tepat sasaran, seperti yang ada pada anak-anak Kampung Bojong ini. Oleh karena itu, dalam tulisan Modifikasi Perilaku Terhadap Anak Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online, Kampung, Bojong, Rengas: Teori dan Penerapannya menekankan pada bagaimana mengubah perilaku yang semula maladaptif menjadi perilaku adaptif dengan menggunakan berbagai macam teknik modifikasi perilaku yang menekankan pada pendekatan lingkungan. Dengan mengajak masyarakat terutama Orang Tua untuk merubah kebiasaan buruk anak yang kecanduan bermain Game Online.


Full Text:

PDF

References


Abdi, Sofyan., Karneli, Yeni. (2020). Kecanduan Game Online: Penangannya Dalam Konseling Individual. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 17 Nomor 2 Desember 2020 (Hal. 9-20).

Fauziah, Rusnani, Eka. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. Ejournal Ilmu Komunikasi, Vol. 1 No. 3 (hal. 1-16).

Hardanti, Amellia, Harvien., Nurhidayah, Ikeu., Fitri Rahayu, Yuyun, Siti. (2013). Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Perilaku Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah. Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran, Volume 1 Nomor 3 Desember 2013.

Hermawan, Endang. (2019). Kecanduan Game Digital Online: Memahami Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Hubungan Sosial. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 2 No.1 Tahun 2019.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2019). Ajak Pelajar SMKN 1 Baureno Lebih Bijak Gunakan Gadget. Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo.go.id).

Novrialdy, Eryzal. (2019). Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, Vol. 27 No.2 (Hal. 148-158).

Razi F., Yulianty V., Amani, S A., Fauzia J H. (2020). Bunga Rampai Covid-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat. PD Prokami: Depok.

Syahran, Ridwan. (2015). Ketergantungan Online Game Dan Penangannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Volume 1 Nomor 1 Juni 2015. (Hal 84-92).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ