CULTURE AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIAL TERKAIT “RUMAH BATIK SETU”

Azzahra Alamsyah, Novita Sari, Makroen Sanjaya

Abstract


Batik Setu kha Kota Tangerang selatan memiliki corak yang terbilang unik, dimana corak batik Setu ini menggunakan bunga anggrek Van Douglas, kacang sangrai Kranggan dan daun jati. Corak batik Setu yang terbilang unik ini dan hanya ada di Tangerang selatan patut di kenal oleh masyarakat Tangerang Selatan dan luar Kota Tangerang Selatan.  Batik Setu yang merupakan khas Kota Tangerang Selatan berdiri baru 5 tahun dan masih banyak yang belum mengetahui Batik khas Tangerang Selatan. Selain itu Batik Setu merupakan UKM, UKM Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah kelompok usaha terbesar di Indonesia bahkan mungkin di Dunia. UKM juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan pasar agar dapat bertahan dan meningkatkan marketsahre. Namun demikian tidak semua produk-produk dari UKM dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena promosi yang dilakukan oleh UKM kalah gencar dengan promosi dari Industri yang lebih besar Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membantu Batik Setu Kota Tangerang Selatan untuk dikenal oleh masyarakat luas Terutama Di Kota Tangerang Selatan dan luar kota. Pada era digital ini sangat memungkinkan untuk terus meningkatkan marketshare, terutama melalui Social Media. Facebook dan Instagram merupakan Social media yang masih banyak penggunanya dan sangat mudah digunakan oleh orangtua, sehingga para pengrajin Batik Setu mampu menyesuaikan dan menggunakan. Dengan pengabdian masyarakat ini Batik Setu Khas Kota Tangerang Selatan dapat dikenal oleh Masyarakat Tangerang Selatan dan Luar Kota Tangerang Selatan

Full Text:

PDF

References


Aloysius Bagas Pradipta Irianto. (2015). PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN MARKET SHARE UKM. Jurnal TEKNOMATIKA Vol. 8, No. 1, JULI 2015. https://www.researchgate.net/profile/Aloysius-Irianto/publication/322498793_Pemanfaatan_Social_Media_Untuk_Meningkatkan_Market_Share_Ukm/links/5a5c34ac458515450278aab3/Pemanfaatan-Social-Media-Untuk-Meningkatkan-Market-Share-Ukm.pdf

Syahril Djaddang, Shanti Lysandra, Mulyadi.(2018). PERAN ENTREPRENEUR ORIENTATION TERHADAPVOLATILITAS UKM DENGAN BUDAYA LOKALSEBAGAI PEMEDIASI. Jurnal Riset Bisnis Vol 2 (1) (Oktober 2018) hal: 21-31. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/jrb/article/view/254/177

Cece Sobarna, Yuyu Yohana Risagarniwa, Gugun Gunardi. Sutiono Mahdi. Puspa Mirani Kadir.(2019). PEMBINAAN KERAGAMAN BUDAYA (KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUNDA) DALAM RANGKA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN EKOWISATA TERKAIT DENGAN TOPONIMI DI WILAYAH PALABUHANRATU, SUKABUMI. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 4, No. 1, Februari 2019: 17 – 23. file:///C:/Users/User/Downloads/20606-84012-1-PB.pdf

Giri Maulana Arief , Heppy Millianyani.(2015). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SUGAR TRIBE. e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015. file:///C:/Users/User/Downloads/1494-2776-1-SM.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ