INOVASI PRODUK UMKM DAUN BIDARA SERTA PENGEMASAN PRODUK PADA MASYARAKAT DI DESA CURUG WETAN

Dhewara Ahmadi Amizur, Ade Sukmawati, Shaila Annisa Yahya, Elfarisna Elfarisna

Abstract


Produk Inovasi diharapkan mampu membantu perekonomian serta pengetahuan kepada masyarakat atau penduduk desa. Terutama cara mengemas suatu produk agar lebih menarik. Dengan adanya KKN mahasiswa diharapkan mampu menjadi bagian dari masyarakat secara aktif, kreatif dan inovatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Kegiatan KKN yang telah dilakasanakan di Jl. Raya STPI Curug Kp. Koleksi RT.001/011 Desa Curug Wetan Kec. Curug Kab. Tangerang, 15810 berjalan dengan baik serta memberikan respon positif bagi masyarakat setempat. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu Inovasi Produk UMKM Daun Bidara serta Pengemasan Produk Pada Masyarakat di Desa Curug Wetan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan luas mengenai packaging produk dalam pemasaran serta bagaimana cara mengolah daun bidara yang tidak hanya memiliki manfaat dalam kesehatan saja namun daun bidara dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan nilai jual melalui bidang kuliner. Faktor yang paling berpengaruh ialah penginderaan manusia, sebab 80% merupakan kinerja penginderaan melalui penglihatan atau kasatmata (Visual).  Unsur-unsur grafis dari kemasan antara lain: warna, bentuk, merek, ilustrasi, huruf dan tata letak, menjadi bagian krusial yang terdapat dalam unsur visual yang mempunyai peran terbesar dalam proses penyampaian pesan secara kasat mata (Visual Communication). program ini bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi serta komunikasi mengenai Pelatihan Inovasi Produk UKM Daun Bidara serta Pengemasan Produk di Desa Curug Wetan agar target sasaran dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Cenadi, Suharto C. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. 2(1). Hal, 92-103.

Danger, E.P. (1992). Memilih Warna Kemasan. Jakarta. PT. Pusaka Bina Pressindo

Irubbai, Liwa Mohammad. (2015). Strategi Labeling, Packaging, dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang, Kota Mataran Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan IPS Ekonomi. 13. Hal, 15-30.

Mukhtar Syukrianti., Muchamad Nurif. (2015). Peranan Packaging dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora. 8(2). Hal, 181-191.

Sudarmadji, S., Haryono, B., Suhardi. (1997).Prosedur Analisa untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty. Yogyakarta. 265 hal.

Tanama Putri, Budi R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Widiati, Ari. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) dalam meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “MAS PACK” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 8(2) Hal, 67-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ