EDUKASI PENANAMAN DAN PERAWATAN TANAMAN HIDROPONIK DI SMP AL-BARKAH

Raihan Fajar Ramadhan, Muhamad Fauzi Nur Fajri, Muhammad Fachri Fachruddin, Daniel Handoko

Abstract


Hydroponics atau Hidroponik merupakan suatu metode budidaya sistem penanaman tanaman tanpa menggunakan media tanah sebagai media tanam, hidroponik memilki keuntungan karena air dan lahan yang diperlukan sedikit jika dibandingkan dengan metode konvensional hal ini dikarenakan unsur hara yang langsung diserap oleh tanaman. Sistem Hidroponik yang digunakan pada program kali ini adalah sistem Deep-Water-Culture yang menggunakan pipa pralon dan Net-Pot sebagai tempat Hidroponik dan menggunakan Rockwool sebagai media tanam. Penulis memilih hidroponik untuk Kuliah Kerja Nyata kali ini karena tempat diadakan program ini yaitu SMP Al-Barkah di desa Suradita tidak memilki tumbuhan yang dapat di konsumsi. Edukasi ini diberikan kepada seluruh anggota Osis Siswa dan Siswi SMP Al-Barkah

Full Text:

PDF

References


Hidayati, Nurul, Pienyani Rosawanti, and Fitriadi Yusuf. 2017. “Kajian Penggunaan Nutrisi Anorganik Terhadap Pertumbuhan Kangkung ( Ipomoea Reptans Poir) Hidroponik Sistem Wick Study of the Use of Inorganic Nutrition on the Growth of Kale ( Ipomoea Reptans Poir) Wick Hydroponics System.” Daun: Jurnal Ilmiah Pertanian Dan Kehutanan 4(2):75–81.

Sesanti, Rizka Novi, and Sismanto. 2016. “Pertumbuhan Dan Hasil Pakchoi (Brasicca Rapa L.) Pada Dua Sistem Hidroponik Dan Empat Jenis Nutrisi.” Jurnal Kelitbangan 04(01):1–9.

Syarifudin, A. A., Hutahean, A. D., Widiawira, B. Y., Rahmania, M. M., Panjaitan, M. A., Priyankha, M. A., . . . Taufikurrahman. (2022). Pelatihan Budidaya Kangkung dengan Menggunakan Sistem Hidroponik di Desa Banjarsari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ