KEGIATAN MENGGAMBAR SEBAGAI MEDIA DALAM MENGASAH KREATIVITAS SISWA-SISWI SDN 07 KREO, TANGERANG, BANTEN

Authors

  • Haclav Hendri R.M.T Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ashri Lutfia Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Putri Karimah Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dana Al Azhar Sinaga Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Maulana Arrasy Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Menggambar merupakan suatu media belajar yang bisa meningkatkan kepribadian anak, kepekaan rasa, proses imajinatif, kemampuan kreatif, dan pengembangan intelektual. Menggambar bagi anak sama halnya dengan bermain, dengan bermain anak bisa menemukan suatu kebebasan dan kegembiraan. Dengan demikian, melalui kegiatan menggambar seorang anak mampu menemukan jati diri mereka baik dalam berekspresi, berkreasi dan berkomunikasi. Sebagai sarana meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan menggambar, maka diadakan sebuah kompetisi malalui lomba gambar yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Kreo Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten. Tujuan utama dari kegiatan yang dilaksanakan adalah menyalurkan bakat dan mengembangkan skill (keterampilan) siswa SDN 07 Kreo dalam bidang seni menggambar. Di samping itu, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan mampu meningkatkan kualitas guru SDN 07 Kreo yang mengajar pada mata pelajaran ekstrakulikuler, khususnya menggambar agar mampu melihat dan memotivasi anak didiknya yang memiliki potensi di bidang seni menggambar, sehingga bakat dan kemampuan mereka benar-benar tersalurkan. Capaian yang diharapkan dari kegiatan ini cukup potensial, hal ini dapat dilihat dari tingginya minat siswa dan sebagian besar siswa sudah memiliki bakat dan keterampilan menggambar yang baik. Bakat dan keterampilan yang dimiliki peserta dapat dilihat dari gambar yang dihasilkan cukup menarik dan memiliki nilai estetis baik dari segi bentuk, ide dan gagasan, serta unsur cerita yang ada di dalamnya.  

Author Biographies

Haclav Hendri R.M.T, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ashri Lutfia, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Putri Karimah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dana Al Azhar Sinaga, Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Maulana Arrasy, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Asmawati, Luluk dkk. (2010). Pengelolaan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuk

Sya’ban, D. I., Anpasa, A., Baihaqi, W., & Herdianyah, D. (2021, October). LOMBA MEWARNAI UNTUK ANAK ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Downloads

Published

2022-10-26