KEGIATAN MENGAJAR UNTUK MELATIH KREATIVITAS DAN KREASI MURID TK TERPADU AL-FATH PERUMAHAN GRAHA MAS SERPONG, JELUPANG, SERPONG UTARA, KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN

Moza Raihana Mudhar, Holiseh Holiseh, Ahcmad Shidqi Pratama Buana Firdaus, Andika Setiawan

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta pada kelompok 73 fraksi 6 melakukan kegiatan mengajar di TK AL-Fath tentang pokok permasalahan melatih kreativitas dan kreasi. Tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) diharapkan dapat meningkatkan kreativitas murid TK AL-Fath sesuai dengan bakatnya. Taman Kanak-Kanak AL-Fath berlokasi di Perumahan Graha Mas blok N1 No 1 Serpong Utara Tangerang Selatan. Terdapat didalam komplek yang dimana lokasi ini sangat strategis. TK AL-Fath tempat belajar serta taman bermain kanak-kanak untuk anak berusia 4-6 tahun.  Metode pelaksanaan yang dilakukan secara offline atau tatap muka langsung dengan memberikan pengajaran dengan berbagai kegiatan. Metode pembelajaran yang diterapkan ialah dengan cara membuat suatu gerakan dan nyanyian guna untuk lebih dipahami oleh anak-anak tersebut. Metode tersebut juga bisa membuat anak-anak menjadi lebih kreatif lagi dalam memahami suatu pembelajaran yang menurut mereka lebih fun serta tak luput juga dari mewarnai dan belajar menulis guna untuk mengasah gerak motorik anak. Salah satu rangkaian kegiatan yang telah dilakukan dalam pengajaran TK AL-Fath salah satunya setoran surat-surat pendek, serta belajar membaca dan menulis. Pengenalan angka dengan menggunakan Bahasa Inggris. Mewarnai menggunakan krayon dan menempel manik-manik. Pengenalan huruf hijaiyah. diharapkan Kepala sekolah serta Guru TK AL-Fath memperhatikan metode pembelajaran yang bervariasi yang dilakukan didalam kelas sehingga murid tidak cepat bosan.


Full Text:

PDF

References


Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2022. Panduan Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nurany Fierda, Hernaldi Kesastriawan Sugandi. 2021. Pendampingan Belajar Anak Usia Dini Di Era Pandemi Covid-19. Volume 4, Nomor 1, (2021).

Firdausi Umni Yatti Rusyda. 2021. Pengabdian Masyarakat Dan Anak-Anak Melalui Kkn-T Mengenai Edukasi Pencegahan Covid-19 Di Desa Dukuh Cikupa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 1, No. 1, September 2020.

Siming, Muh. Saiki Maulana. 2021. Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Mangasa. Jurnal Lepa-lepa Open, Volume 1 Nomor 1, 2021

Suara Muhammadiyah. 2016. Muhammadiyah Serpong Punya Banyak Potensi Kader Unggulan. Sumber: Https://Suaramuhammadiyah.Id/2016/09/07/Muhammadiyah-Serpong-Punya-Banyak-Potensi-Kader-Unggulan/. Diakses Pada 16 Agustus 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ