MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN POSITIF DI RUMAH BERMAIN CERIA SERPONG

Adinda Robiya Syahbania, Annisa Az-Zahra Rahmawati, Abdul Jalil Salim Zaidi, Muhammad Sahrul

Abstract


Program kegiatan Pengabdian Kepada Mayasrakat oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta 2022 telah dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Pada pandemi 2 tahun lalu anak-anak diharuskan belajar dirumah atau secara online, dimana pada situasi seperti itu anak-anak tidak dapat mengeksplor kegiatan-kegiatan menyenangkan dan kurangnya kreatifitas yang dibangun menyebabkan anak-anak secara potensi, sensori motorik pun berkurang. Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakannya suatu program “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Positif” yang Bermitra di Rumah Bermain Ceria jalan Cilenggang 2 RT.02 RW.001 Serpong Tangerang Selatan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk meningkatakan kereatifitas anak melalui kegitaan positif dengan cara menanam benih tauge untuk melatih rasa tanggungjawab anak, membuat kerajinan tangan dari biji-bijian untuk melatih tingkat konsentrasi pada anak (mozaik), membuat alat musik drum dari alat sederhana untuk meningkatkan kreatifitas, sensorik, dan motorik pada anak, dan membuat kelas memasak untuk anak-anak belajar bagaimana cara mereka menggunakan dan mengendalikan alat-alat untuk memasak agar mengetahui tingkat kematangan pada masakan. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Maysarakat ini di lakukan secara langsung atau dengan terjun kelapangan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat. Metode yang dilakukan pada pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat ini menggunakan metode terjun ke lapangan, dimana anggota pelaksana ikut serta dalam kegiatan tersebut dan terlibat secara langsung dengan masyrakat yang ada di dalam mitra atau di luar mitra sendiri. Dengan adanya kegiatan ini menjadikan anak-anak kreatif dalam mengola bahan-bahan sederhana untuk di jadikan barang-barang yang bermanfaat. Pada pelaksanaan ini tidak terlpas juga dari kendala yang ada, kendala yang di alami terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan dimana anak-anak masih susah untuk diarahkan dan tidak mendengarkan secara seksama

Full Text:

PDF

References


Y Margareth. (2017). Metode Penelitian. http://repository.unpas.ac.id/30317/6/BAB%20III.pdf

Resa Farina, Rosma Ely, Mislinawati (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI KARYA MOZAIK DI KELAS III SD NEGERI IBOIH KABUPATEN PIDIE. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/13331

Julaeha Rasid, Rosita Wondal, Rita Samad. (2020). Kajian tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2041/0

Rani Kundiman, Meiske Tumbel, Threesje Tolukun. (2021). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Menanam Biji Kacang Hijau Pada Anak Usia 5-6 Di TK DIAN Bukumatiti. https://ejurnal-mapalus unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/3622/1719

Ahmad Ulil Albab Al Umar. (2021). PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19(STUDI KASUS IAIN SALATIGA KKN 2021). https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/download/384/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ