PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI YAYASAN BINA UMMAT, CILEDUG, TANGERANG, BANTEN

Ilham Tri Sulistyo, Pinta Saskia, Della Fitria, Hani Oktaviyani, Dwi Adi Kuncahyo, Wa Ode Asmawati

Abstract


Sikap kepedulian diri dalam menjaga kebersihan, perlu untuk diajarkan dengan baik dan benar. Kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan cara yang paling tepat dalam memberikan edukasi tentang bagaimana cara menjaga diri dan kesehatan di lingkungan sekitar. Program ini merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah jakarta kepada Yayasan Bina Ummat, Ciledug. Dalam penyuluhan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS), Mahasiswa KKN Kelompok 72 mengajarkan kepada anak-anak panti dengan memberikan materi pokok dan praktek tentang bagaimana cara menjaga kesehatan dalam diri mereka dan lingkungan, seperti; tata cara mencuci tangan, menggosok gigi, menjaga kebersihan lingkungan di sekolah, Dll. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah observasi secara terbuka, wawancara, penyuluhan materi dan praktek. Output dari kegiatan ini diharapkan berdampak baik bagi anak-anak dan yayasan dalam menjaga kebersihan melalui penyuluhan PHBS yang telah diberikan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Aminullah. (2019). Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa di SDN 183 Rabu dan SDN 196 Kasisi Desa Tallunggura Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment 1 (1). https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/227/123.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2005). Laporan Hasil Survei Morbiditas Cacingan. Jakarta:Ditjen PPM & PLP. Depkes RI.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2006). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta; 2013.

Departemen Kesehatan RI., Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Bakti Husada, 2011

Handayani R, Novaryatiin S & Ardhany S D. (2016). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Desa Tabore Kecamatan Mantangai Kalimantan Tengah. Jurnal Surya Medika 2 (1).

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta.

Nurhajati N. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Desa Samir dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat. Publiciana: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Tulungagung 8 (1) Print ISSN 1979-0295 Online ISSN 2502-7336 Doi: 10.36563. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ