UPAYA MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SUNGAI MELALUI PENGELOLAAN TEMPAT SAMPAH

Aini Okta Alfiana, Ashby Fachlevi, Rachmada Adi, Alvika Meta Sari

Abstract


Dalam era pandemic seperti pada saat ini, seharusnya aspek dampak lingkungan menjadi hal yang dapat lebih terasa dan terlihat dampak positifnya dikarenakan berkurangnya aktivitas manusia akibat pembatasan ataupun lockdown. Namun, nyatanya di desa Banyuasih tidak ada perubahan yang terjadi, justru kondisi lingkungan terutama sungai sangat menyedihkan dilihat dari beberapa titik menjadi tempat sampah menumpuk. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah offline atau turun langsung ke lapangan berupa program penyuluhan dan juga menaruh beberapa tempat sampah di beberapa titik lokasi yang memiliki resiko tinggi sebagai tempat sampah ditumpuk secara sembarangan. Lokasi kegiatan penyuluhan ini berada di kampung Cijambe, desa Banyuasih, kecamatan Cigudeg, kabupaten Bogor. Hasil dari KKN ini adalah pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini dapat membentuk kebersamaan antar satu sama lain serta menumbuhkan sikap peduli lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Adeliani, Niken, Lusi Andriyani, Silvy Diniati, Afridha Setia Jayanti, Rizka Endah Agustin, and Rifki Aprilian. (2019) Advokasi Penanganan Pembuangan Sampah Liar di Kelurahan Benda Baru. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

C. yo Cheng and J. Urpelainen. (2015) “Who should take the garbage out? Public opinion on waste management in Dar es Salaam, Tanzania,” Habitat Int., vol. 46, pp. 111– 118.

Moore, S. A. (2008). The politics of garbage in Oaxaca, Mexico. Society and Natural Resources, 21(7), 597–610. https://doi.org/10.1080/08941920701759551

M. Shahreza. (2010). “Code : Bank Sampah,” pp. 1–48.

Ramadi, Rikaro, Lativa Qurrotaini, Arlin Astriyani, and Adylia Revina Sitepu. "Mengubah Sampah Menjadi Bernilai untuk Mengedukasi Anak-Anak di Masa Pandemi." In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, vol. 1, no. 1. 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ