UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KARAKTER ANAK ISLAMI MELALUI LOMBA KREASI PADA ANAK BIMBA RAINBOW DI KELURAHAN CILANDAK BARAT

Erika Dinda Fauzian, Ali Hafiz, Muhammad Rafi Athaallah, Darma Tri Putra, Affan Ibrahim Puspateja, Dirgahani Putri

Abstract


Setelah melalui Era Pandemi Covid-19 mengakibatkan anak-anak mengalami penurunan dalam tingkat pembelajaran. Salah satunya dalam pembelajaran Agama. Banyak anak-anak yang mengalami penurunan dalam minat belajar agama. Hal ini disebabkan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat agar tetap berdiam di rumah. Dan melakukan pembelajaran secara Daring. Maka dari itu perlu adanya usaha yang bisa membuat anak-anak terus bertahan dan meningkatkan kembali minat belajar mereka melalui pengadaan perlombaan kreasi pada anak. Metode penelitian yang digunkan adalah dengan analisis kualitatif dengan langkah eksploratif dengan menggunakan teknik observasi partispatif. Hasil penelitian ini memberikan berbagai macam usaha yang bisa dilakukan mahasiswa, usaha diantaranya memakai metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak-anak, melakukan strategi dalam pembelajaran agar anak belajar dengan aktif dan tidak membosankan, mengadakan perlombaan Kreasi pada anak, serta menjalin hubungan baik antara guru dengan anak-anak. Hasil penelitian bisa dilakukan oleh peneliti mengingat terjadinya perubahan kondisi anak.

Full Text:

PDF

References


LPPM UMJ. 2022. Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UMJ. Jakarta.

Yessita Puspaningrum, Siti Aminatuz Zuhria , Muhammad Sulton, Mohammad Baharudin. 2021. Upaya Peningkatan Kreativitas dan Karakter Anak Islami melalui Lomba Kreasi Santri di TPQ Al Muttaqin Desa Kayen. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 (2) Agustus 2021. Hal. 83- 86.

H Sabariah, D Syahfitri, N Misdaramayani, Z Ridha. 2021. Pelatihan Adzan, Imam dan Khatib di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 93-100.

Sumardi. 2019. Ngaji yo… pengertian Izhar, Idgham, Ikhfa, dan Iqlab. https://sumardi.staff.ugm.ac.id/index.php/2019/05/24/ngaji-yo-pengertian-izhar-idgham-ikhfa-dan- iqlab/. Diakses tanggal 27 Juli 2022.

Maharani, Anita Tri dan Ilmiyah Zannah. (2018). Pengenalan Nama Malaikat Beserta Tugasnya dengan Cara Bermain, Melihat Video dan Benyanyi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ