PENYULUHAN KESEHATAN MENGENAI CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) SERTA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL FALAH RAWA MEKAR JAYA

M. Rava Fernanda, M. Yusuf Saputra, Haliqatul Zadidah, Alda C. K. Sari, Wisnu Wardana, Syifa Astasia Utari

Abstract


Penyuluhan kesehatan merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan untuk tindakan preventif guna mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan salah satu dimasa transisi covid 19 ini kita diharuskan untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya yaitu dengan mencuci tangan pakai sabun.  Cuci tangan pakai sabun merupakan proses membuang kotoran dan debu secara mekanis dari kulit kedua belah tangan dengan memakai air dan sabun, cuci tangan pakai sabun merupakan cara yang sederhana, mudah, dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit penyebab kematian. Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit. Kami membuat program Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun dan Sikat Gigi tujuan untuk memberikan edukasi kepada mereka mengenai pentingnya mencuci tangan pakai sabun dan cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Penyuluhan sikat gigi dilakukan sebagi upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang sikat gigi yang baik dan benar. Metode yang digunakan pada program KKN yang bertemakan Penyuluhan Kesehatan Mengenai Cuci tangan pakai sabun(CTPS) serta kesehatan gigi dan mulut di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Rawa Mekar Jaya ini adalah kualitatif. Penyuluhan dilakukan dengan bentuk ceramah, diskusi, poster dan praktek. Kegiatan dilaksanakan pada hari kamis, 4 agustus 2022. Hasil pengabdian masyarakat ini diterima antusias oleh siswa MI Nurul Falah yang terlihat dari banyaknya siswa yang ingin menjawab pertanyaan dan mendemonstrasikan langkah-langkah CTPS dan Sikat Gigi. Siswa terlihat tertib dan sesuai dengan yang diarahkan oleh panitia kegiatan. Kegiatan penyuluhan CTPS dan Sikat Gigi ini berhasil dilaksanakan dengan lancer dan cukup baik.


Full Text:

PDF

References


Albar, MF, Prastiwi, ND, Chairunnisah, P., & Rahman, A. (2021, November). PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN PELATIHAN KALIGRAFI DI MADRASAH DINIYAH AISYIYAH CABANG GAMBIR KOTA JAKARTA TENGAH. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Fikri, A. F. K., Maulidya, E. N., Naga, F. F., & Rahman, A. (2021, November). WEBINAR: MENJAGA KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Firdaus, M. R., & Rahman, A. (2021, October). Program Penerapan MCR dan Campers di Nusantara TV. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Rahman, A., Zebua, W. D. A., & Kusuma, A. A. (2022). Sosialisasi Kebijakan Transformasi dan Revitalisasi Balai Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 9-23.

Ramadhan, K. A., Chaelani, S., Yulianti, Y., & Rahman, A. (2021, November). Pemberdayaan UMKM Jahe Merah BunTik Dengan Penggunaan Instagram Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ