SOSIALISASI BAHAYA KECANDUAN MAIN GADGET DENGAN PENGENALAN APLIKASI DISCORD UNTUK BELAJAR DAN WORKSHOP MEMBUAT TIE DYE (PEWARNAAN KAIN) SCARF

Authors

  • Maulana Setyo Saputro Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Pipit Ira Safitri Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Sahrul Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Sosialisasi bahaya kecanduan main gadget dengan pengenalan discord dan membuat tie dye (pewarnaan kain) scarf merupakan kegiatan yang harus dilakukan mengingat banyaknya anak kecil yang sudah biasa memegang gadget dan kurangnya kreativitas mereka dalam bersosial. Dalam hal ini sosialisasi bertujuan untuk mengajak masyarakat agar menggunakan teknologi pada tempatnya dan tidak berlebihan dalam menggunakannya. Tak hanya dampak secara fisik, kecanduan menggunakan gadget juga dapat menyebabkan masalah psikologis seperti: menjadi lebih mudah marah dan panik, stress di keramaian, dan kesepian karena menghabiskan waktu luang tanpa bersosialisasi dengan orang lain bahkan meningkatkan risiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan. Kita juga harus tetap mengikuti teknologi tanpa kecanduan dalam bermain gadget itu lebih baik. Dan dengan adanya pengenalan aplikasi discord dan pembuatan tie dye diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan ke kreatifan anak-anak di bale buku cakung Jakarta Timur. Dalam pelaksanaan sosialisasi ini menggunakan metode penjabaran, dan tanya jawab

Author Biographies

Maulana Setyo Saputro, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pipit Ira Safitri, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Sahrul, Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Irawan, J. Pengaruh Kegunaan Gadget terhadap Kemampuan Bersosialisasi pada Remaja.Fakultas Psikologi (Online). E journal Universitas Islam Riau.2013; Vol 8 (2). http://www.journal.uir.ac.id/index.php/JAN/article/viewFile/422/359

Ameliola, Nugraha. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi (online). 2015. http://icssis.files.wordpress.com/ 2015/09/2015-0229

Iswidharmanjaya D & Agency B. Panduan bagi orang tua untuk memahami faktor-faktor anak kecanduan gadget. Bisakimia; 2014.

Efendi, F. (2013). “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini”. (Online). http://fuadefendi.blogspot.in/2014/01/pengaruh-gadget-terhadap- perkembangan.html.

Ruhaena, L. (2013). Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah dan Dukungan Faktor-Faktor dalam Keluarga. Disertasi Doktor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh penggunaan gadget terhadap personal sosial anak usia pra sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi, 13 (2), 72-78.

Downloads

Published

2022-10-26