MENINGKATKAN KEAKTIFAN SERTA KREATIVITAS ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI LOMBA CERDAS CERMAT DAN ADZAN DI JL. SEMANGGI RW03

Erika Nur Khasanah, Reizka Nisabila, Dinda Putri Yulianti, Irfandi Rasyadan, Meri Prasetyawati

Abstract


Keaktifan dan kreativitas anak sekolah dasar pada masa ini sangat diperlukan. Dengan adanya keaktifan dan juga daya kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik akan membawa kepada pembelajaran yang lebih aktif dan juga menyenangkan lagi. Banyaknya kasus yang ditemukan di Indonesia sekarang anak sekolah dasar lebih sering memanfaatkan waktunya untuk bermain gadget yang mereka mulai, banyak yang dapat kita rasakan bahkan kita lihat secara langsung terkadang mereka berkumpul bukan untuk bermain permainan tradisional namun mereka berkumpul untuk bermain game online yang ada di gadget mereka. Hal tersebut jika dibiarkan dan terus menerus terjadi akan menyebabkan anak sekolah dasar semakin pasif dan hal yang ditakutkan adalah mereka tidak memiliki daya kreativitas yang tinggi. Tujuan dari diadakannya lomba cerdas cermat dan juga lomba adzan ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas anak sekolah dasar yang ada di Jl. Semanggi kecamatan ciputat timur kota Tangerang selatan. Karena dirasa anak-anak disana kurang dalam hal keaktifannya dilihat dari tidak adanya kegiatan untuk anak-anak yang mendukung untuk mereka aktif dan juga kreativ. Perlombaan ini dilakukan dengan metode pemaparan materi terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan adanya sesi lomba.

Full Text:

PDF

References


Joyce, B & Weil. 2009. Model-model Pengajaran. Edisi 8. Terjemahan A. Fuwaid & A. Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amri, Sofan (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Astute, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(3), 155-162.

Moedjiono & Dimyati, M. (1991). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Depdikbud Mulya E. (2006). Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zaini, Hisyam dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Madani.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Fatchan,A. & Dasna,I.W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya:Jenggala Pustaka Utama bekerjasama dengan Lembaga penelitian Universitas Negri Malang.

Sudjana,N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Ramaja rosda Karya.

Mega,T,A. & Agung,S. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Melalui Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas 1 SDN TUJUNG 4. Primary Education Jurnal. Vol.3(1).89-95. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/1291/451

Indrawati, & Setiawan,W. (2009). Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif, dan Menyenangkan Untuk Gurus SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ