PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Rian Adam Sapalas, Nabila Putri Dwi Ahyan, Silvani Nur Rahmah, Adlan Fauzi Lubis, Okta Rosfiani

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku sehat yang dilakukan atas dasar kesadaran, sehingga anggota keluarga dapat menerapkannya pada diri sendiri dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat. Ada 10  indikator  PHBS  di  Rumah  Tangga  yaitu  persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan   air   bersih,mencuci   tangan   dengan   sabun,   menggunakan   jamban   sehat, memberantas jentik nyamuk, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari,  melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah. Efek pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita lebih ekstra menjaga kebersihan dan menjaga stamina tubuh agar terhindarnya penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi edukasi kepada para orang tua tentang perilaku hidup bersih dan sehat dan  para orang tua dapat menerapkan PHBS ini di lingkup keluarga sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan dalam bermasyarakat. Upaya-upaya PHBS harus disertai asupan gizi yang seimbang dan berolahraga.


Full Text:

PDF

References


Oktariani, L., Aulia, I. D., & Sari, R. S. (2021). Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Ibu Rumah Tangga Di Wilayah Kota Tangerang. Syntax Idea, 3(4), 848-856.

Maharani, T. D., Saraka, S., & Wahyuni, S. (2021). PEMBINAAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) RUMAH TANGGA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MASYARAKAT SADAR LINGKUNGAN. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 126-132.

Ramadanti, T., & Hidayati, L. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN PHBS RUMAH TANGGA. EPIDEMICA (Journal of Public Health), 4(1).

Yani, F., Irianto, S. E., Djamil, A., & Setiaji, B. (2022). Determinan Tingkat Pengetahuan Sikap dan Perilaku terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Masyarakat. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(3), 661-672.

Susianti, S., Windarti, I., & Zuraida, R. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Rumah Tangga di Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. JPM (Jurnal Pengabdian Masyakat) Ruwa Jurai, 6(1), 1-5.

Rahman, I. (2022). Hubungan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dalam Tatanan Rumah Tangga Di Kelurahan Malawei RT 03/RW 04. Jurnal Inovasi Kesehatan, 3(2), 54-57.

Nasution, A. S. (2020). Edukasi PHBS di Tatanan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perilaku Sehat. Jurnal Abdidas, 1(2), 28-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ